RAYA  –  Provinsi Sulawesi Tengah mulai pemusatan latihan 13 atlet bulutangkis persiapan Babak Kualifikasi (BK) PON 2024 yang akan diselenggarakan di Makassar, 18-25 Agutus 2023.

Ketua Umum PBSI Sulteng Ir mengatakan, pemusatan latihan berlangsung selama sebulan bertempat di GOR Dewata, Jl Dewi Sartika .

“Pemusatan latihan telah berjalan sejak 18 Juli ditangani pelatih Zordan Yico dan M Zahrul Sany, keduanya memiliki lisensi pelatih BWF level 1,” ujar Gufran Ahmad, Kamis (20/7/2023).

Pelaksanaan pemusatan latihan ini bisa memperbesar peluang atlet bulutangkis Sulawesi Tengah bisa lolos PON 2024.

“Targetnya dengan dilaksanakan pemusatan latihan ini bisa mempermantap skill teknik serta fisik, memadukan kekompakan pemain, kombinasi serangan dan bertahan sehingga peluang kita lebih besar dengan adanya pemusatan latihan ini,” ujar Gufran.

Jadwal latihan mereka tiap Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu setiap pagi pukul 08.00-11.00. Sore pukul 15.00-16.30. Sementara Rabu pagi pagi pukul 07.00-08.30 di stadion mini atletik Petobo.

13 atlet bulutangkis yang mengikuti pemusatan latihan berasal dari kabupaten dan kota se Sulteng berdasarkan seleksi pada Kejurprov bulan Juni 2023. Jumlah 13 atlet terdiri dari 7 atlet putra dan 6 putri.

7 atlet putra yaitu Kaka Raihansyah (Morowali), Reza Hiskia Wijaya (Palu), Ronal P babo (Bangga), Steven P Babo (Banggai), Moh Fadel A Daud (Tolitoli), Jagad Arya Dinata (Morowali Utara) dan Andi Maftuh Arazy (Palu).

Sementara 6 atlet putri yaitu Tri Zaskia (Banggai), Dian Magfirah (Palu), Evelin F Tuyu (Palu), Raisha Sanara (Morowali), Evelin Holden (Palu) dan Aulia Syahrani (Banggai).

Dari 13 atlet ini, Kaka Raihansyah dan Raisa sementara di luar daerah mengikuti kejuaraan bulutangkis. Setelah sekembalinya dari kejuaraan, kedua atlet ini akan bergabung dengan rekan mereka.

Sulteng berada dalam satu wilayah V Sulawesi yang diikuti Provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

BK PON dipertandingkan nomor beregu terdiri dari 2 tunggal dan 1 ganda. Batas usia atlet maksimal 21 tahun atau kelahiran 2003 pada September 2024.

Untuk bisa merebut tiket PON 2024, Sulteng harus Juara dan atau minimal jadi runner up. *WAN