RAYA – Bupati Banggai, H. Amiridun Tamoreka melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia dalam rangka Akselerasi Pencapaian Program Unggulan Banggai Youth Preneur melalui Penerapan Manajemen Talenta dan Hubungan Pusat Kreatifitas Kepemudaan, di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Berdasarkan dari DKISP Banggai, Selasa (11/7/2023) menyebutkan, tujuan Bupati Banggai melakukan Kunker itu merupakan tindak lanjut dari arahan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Tertinggal, Dr. (CAND) Billu Mambrasar terkait dengan Pengembangan Manajemen Telenta Pemuda Nasional di Banggai dan Prestasi Hub.

RI menyampaikan, ini merupakan program yang diadopsi dari Program Papua Youth Creative Hub yang digagas oleh Staf khusus Presiden RI yang nantinya akan diterapkan di berbagai daerah. 
 
Pada kesempatan itu, Menpora RI memperkenalkan Bupati Banggai dan  menyampaikan dihadapan Menteri Pemuda Libya, Fatahallah Al-Zani, bahwa Kabupaten Banggai sebagai salah satu daerah penghasil Gas di Indonesia.

Menpora RI didampingi Bupati Banggai memperlihatkan kepada Menteri Pemuda Libya, salah satu fasilitas olahraga dan salah satu kedai Indonesia di kompleks Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Pada kesempatan itu, Bupati Banggai mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menpora RI atas sambutan dan perhatiannya terhadap Pembangunan Pemuda di Kabupaten Banggai.

Ia juga menyampaikan kepada Deputi 1 Bidang Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Tenaga Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga RI Urusan Dispora dan Kepemudaan terkait dengan kesiapan dan progress pelaksanaan Program Manajemen Talenta dan Prestasi Hub di Kabupaten Banggai.

“Kami telah memerintahkan Camat se-Kabupaten Banggai untuk mendata potensi pemuda dan pemudi yang memiliki talenta, minat dan bakat pada bidang tertentu,” kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati Banggai mengundang dengan hormat Menteri Pemuda dan Olahraga RI beserta jajarannya untuk berkunjung dan mensukseskan Tour de Banggai II.

Bupati juga menyampaikan permohonannya terkait dengan keberadaan Gedung Olahraga di Kelurahan Kilongan yang merupakan aset Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai sehingga dapat diintervensi melalui APBD Kabupaten untuk pengembangan sarana dan prasarana olahraga terpadu pada lokasi tersebut. */MAN