RAYA – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pengurus Daerah (PD) Sulawesi Tengah memperingati HUT ke-72 IBI di salah satu hotel di , Sabtu (8/7/2023).

Kepada insan bidan, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang dan Pembangunan, Farid Yotolembah, berpesan kepada para bidan untuk meningkatkan peran dan fungsi dalam mendukung pembangunan di bidang kesehatan.

“Setiap individu bidan agar mengembangkan kemampuan diri untuk meningkatkan pelayanan ibu hamil, KB dan reproduksi. Para bidan juga diharapkan agar senantiasa berkolaborasi bersama mitra kerja,” katanya.

Selain itu, IBI juga diminta dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan berinovasi dalam kegiatan di lapangan.

“Misalnya, di Kota , harus ada mobil pelayanan persalinan. Kita harus menjemput ibu-ibu hamil untuk membantu persalinannya. Hal tersebut untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang bermukim jauh dari instalasi kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IBI Sulteng, Euis Bianca, menyampaikan, HUT kali ini didedikasikan untuk seluruh insan bidan di Indonesia, ia juga mengucapkan terima kasi atas semua pengabdian bidan menjalankan tugas dan fungsi mulia yang diemban.

“Mari kita memperkuat organisasi profesi bidan dengan senantiasa melakukan konsolidasi dari pusat hingga daerah. Kuatkan persatuan, miliki rasa cinta pada profesi dan tumbuhkan organisasi bermartabat yang diakui internasional dan nasional. Sukses Bidan sukses IBI,” kata Euis. RHT