SULTENG RAYA- Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Sekretaris Daerah Dra. Novalina MM mengungkapkan jika Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi Tengah pada tahun 2022 sudah masuk dalam kategori tinggi yakni sebesar 70,28 persen.

Capaian itu tidak lepas dari kontribusi Universitas Tadulako, termasuk para alumninya yang tersebar di berbagai lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga nonpemerintahan dan lembaga-lembaga publik lainnya, ataupun dengan menjadi wirausahawan yang .

Untuk itu, gubernur mengucapkan banyak terimakasih atas kontribusi tersebut. “Capaian itu tidak lepas dari kontribusi Universitas Tadulako, untuk itu kami ucapkan banyak terimakasih,”sebutnya, saat menghadiri Wisuda Lulusan ke 118 Universitas Tadulako, Program Magister dan Sarjana, bertempat di Auditorium Universitas Tadulako, Kamis (6/7/2023).

Ia juga mengatakan bahwa lulusan Universitas Tadulako diragukan lagi kualitasnya sebagai insan intelektual Sulawesi Tengah, yang di masa mendatang akan memegang tongkat kendali kepemimpinan dan pembangunan provinsi Sulawesi Tengah.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang yang bertitel akademis, akan memiliki kedudukan terhormat dan dijadikan rujukan keilmuan di masyarakat, dan oleh karena itu, para  alumni Untad agar senantiasa menjaga etika dan menunjukkan akhlak keteladanan dalam pergaulan.

Dengan begitu diharapkan para alumni Untad di mana pun berada, dapat diterima dengan baik, dan menjadi pondasi penting dalam menciptakan tambah pengetahuan, budaya inovasi dan transformasi sosial di lapisan kehidupan bermasyarakat.

Sementera Rektor Untad Prof. Dr. Ir. Amar,ST,MT, berharap para wisudawan/wati dapat terus berkarya, mengisi kehidupan dengan belajar sepanjang hayat, menyikapi masalah dengan positif serta meningkatkan keimanan.

Menurut Rektor, kali ini Untad mewisuda 1.449 orang yang terdiri dari dua sesi.

Untuk sesi pertama pada jam 07.30-12.00 sebanyak 753 orang yakni ;  Pascasarjana 18 orang, Fakultas Kedokteran 6 orang, 122 orang, Hukum 153 orang, Keguruan dan Ilmu Pendidikan 322 orang, Matematika dan IPA 84 orang serta Peternakan dan Perikanan 49 orang.

Untuk sesi kedua pada jam 13.30-17.30 sebanyak 696 orang yakni ; Fakultas Ekonomi dan Bisnis 352 orang, Teknik 154 orang, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 130 orang, Kesehatan Masyarakat 35 orang dan Kehutanan 25 orang.

Terakhir, Gubernur Sulteng dan Rektor Untad menyerahkan kepada Lulusan Universitas Tadulako untuk sesi pertama, diantaranya :  Ariono Orab Jenjang S3/Doktoral dengan IPK 3,88, Azhar Arif Jenjang S2/Magister IPK 4.00.

Sementara untuk jenjang S1/Sarjana Intan Purnama Marzuki Prodi FKIP dengan IPK : 3.97, Hikmawati Prodi Hukum dengan IPK : 3,91,  Feri Irawan Prodi MIPA/Kimia dengan IPK ; 3,76, Selvi Prodi Fapetkan/Peternakan dengan IPK 3,90, Anggie Rabecca Prodi Kedokteran dengan IPK 3,41.

Adapun Wisudawan terbaik tingkat universitas jatuh kepada Herditha Asya Putri, Prodi Pertanian/Agribisnis dengan IPK 3,99. *ENG