RAYA – Delapan pengurus cabang Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota tingkat kecamatan dan empat organisasi pilar KKSS menginginkan pemilihan Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kota Palu di Musyawarah Daerah (Musda) ke IV KKSS Kota Palu dilaksanakan secara Musyarawah Mufakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Stering Committee (SC), Mulapada usai rapat pemantapan dan evaluasi panitia pelaksana Musda IV BPD KKSS Kota Palu, Sabtu (24/6/2023). Katanya, hal tersebut disampaikan oleh pengurus cabang dan empat pilar sebagai aspirasi.

Bahkan kata dia, dalam rapat pemantapan dan evaluasi itu, juga terungkap jika pengurus cabang dan pilar menghendaki dr. H. Husaema, MM., M.Kes untuk maju sebagai bakal calon Ketua BPD KKSS Kota Palu periode 2023-2028 pada Musda tersebut. “Kita tentu sangat menghargai aspirasi itu, itu adalah hak teman-teman anggota dan pengurus KKSS tingkat cabang dan pilar,” sebut Mulapada.

Namun kata Mulapada, sebagai Ketua SC, dirinya tetap memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada semua anggota dan tokoh-tokoh KKSS yang ada di Kota Palu untuk maju dalam kontestasi lima tahunan itu. Karena ini adalah pesta domokrasi bagi keluarga besar KKSS Kota Palu.

“Yang jelasnya, panitia tetap memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi keluarga kita, anggota KKSS Kota Palu yang memiliki niat untuk maju, sepanjang itu memenuhi syarat yang sudah dipersyaratkan oleh AD/ dan PO KKSS serta panitia,” jelas Mulapada.

Salah satu syarat yang dipersyaratkan oleh Panitia adalah adanya kontribusi bagi setiap calon kandidat senilai antara Rp50 Juta hingga Rp100 Juta.

Alasan muncul uang kontribusi sebagai salah satu syarat calon, karena Musda ke-IV tahun 2023 yang telah dijadwalkan pelaksanaannya pada tanggal 15-16 Juli 2023 di Sriti Convention Hall, terbilang sudah sangat kasip waktunya. Sedangkan, estimasi dana operasional yang dibutuhkan untuk membiayai pelaksanaan Musda KKSS Kota Palu kurang lebih Rp240 Juta.

“Syarat calon terkait uang kontribusi ini masih pada tahap wacana. Steering Committee, OC, panitia pelaksana masih sedang menggodok wacana ini,” sebutnya lagi.

Tapi katanya, jika pendaftaran dibuka hingga penutupan tidak ada satu orangpun Bakal Calon Ketua BPD KKSS Kota Palu periode 2023-2028 yang mendaftarkan diri, maka  peserta musda IV BPD KKSS Kota Palu lebih memilih jalan musyawarah mufakat atau aklamasi.

Mulapada juga menambahkan, di dalam Musda IV nantinya KKSS Kota Palu juga akan membahas isu sentral lainnya, yakni Program KKSS Kota Palu kedepan menyoal tentang empat hal, pertama soal Budaya, Kedua soal Pendidikan, ketiga soal keagamaan dan keempat soal .

Itu semua katanya yang akan diperankan oleh KKSS Kota Palu dalam berkontribusi membangun Ngataku Palu sebagai wujud bersatu dalam persaudaraan dan pengabdian. ENG