SULTENG RAYA- SDN 6 Kayumalue Ngapa, salah satu sekolah penggerak di wilayah ini, telah melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kreativitas Ciptakan Generasi Cerdas”. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi -nilai Pancasila di kalangan pelajar.
Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan penting, termasuk Kabid Ketenagaan Arham, M.Si, Kabid Pembinaan SD Idrus, Kepala seksi peserta didik Fatma Lahasan S.Ag, Fasilitator sekolah penggerak, Faizal.SP.d, M.Pd, Korwil wilayah 1 Suhardin S.Pd, pengawas wilayah 1 Asnuddin, S.Pd, serta tokoh masyarakat dan orang tua peserta didik.
Kepala SDN 6 Kayumalue Ngapa, Asni, S.Pd., M.Pd, menjelaskan bahwa proyek ini merupakan upaya sekolah untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Dalam rangka mencapai tujuan ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, termasuk , lokakarya, dan kegiatan eksplorasi kreativitas.
Dalam acara tersebut, Kabid Ketenagaan Arham, M.Si, memberikan sambutan yang mengapresiasi upaya sekolah dalam memperkuat profil pelajar Pancasila. Ia menekankan pentingnya memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membangun bangsa.
Kepala seksi peserta didik, Fatma Lahasan S.Ag, juga berbagi pandangannya tentang pentingnya pengembangan karakter siswa melalui pemahaman Pancasila. Ia menekankan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai mata pelajaran di sekolah, tetapi juga harus menjadi bagian dari kehidupan siswa dalam segala aspek.
Selama proyek ini berlangsung, peserta didik SDN 6 Kayumalue Ngapa terlibat dalam berbagai kegiatan kreatif yang mendorong pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila. Mereka mengikuti lokakarya seni, proyek-proyek penelitian, dan kegiatan sosial yang melibatkan partisipasi aktif mereka dalam masyarakat.
Faizal.SP.d, M.Pd, fasilitator sekolah penggerak, menyatakan kegembiraannya melihat antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan proyek. “Melalui kegiatan ini, kami berharap siswa tidak hanya mempelajari nilai-nilai Pancasila secara teoritis, tetapi juga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap mereka menjadi generasi yang cerdas, kreatif, dan memiliki kepribadian yang luhur,”harapnya. ENG