RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) kini tengah melaksanakan pendataan Sensus 2023 (ST2023) sejak 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023.

“ST2023 sudah mulai dilaksanakan oleh BPS Kota dan akan berlangsung hingga 31 Juli 2023,” kata Kepala BPS Kota Palu, G A Nasser, Kamis (1/6/2023).

Dengan dimulainya ST2023, Nasser berharap ST2023 di Kota Palu dapat berjalan lancar hingga batas waktu telah ditentukan.

“Harapannya, ST2023 dapat berjalan dengan lancar dan kepada masyarakat yang didata agar dapat menerima petugas sensus serta memberikan data yang benar. Nah, untuk petugas sensus menggunakan atribut berupa topi ST2023, name tag dan membawa surat tugas,” jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan ST2023 pihaknya membagi wilayah pendataan menjadi dua, yakni wilayah konsentrasi pertanian dan wilayah non konsentrasi pertanian.

Wilayah RT konsentrasi pertanian, merupakan wilayah yang telah diidentifikasi sebelumnya terdapat cukup banyak masyarakat yang tinggal sebagai , nelayan, peterna, pekebun, pemungut hasil hutan dan sebagainya.

“Sementara, untuk wilayah non konsentrasi pertanian merupakan wilayah di mana yang tinggal di wilayah tersebut kebanyakan mereka yang bekerja pada sektor non pertanian,” ucapnya.

Berdasarkan data, Kota Palu memiliki 234 RT wilayah konsentasi pertanian dan 904 RT wilayah non konsentrasi pertanian. Sedangkan, metode pendataannya untuk wilayah konsentasi pertanian didata door to door dan wilayah non konsentrasi pertanian di data secara snowbol.

“Jumlah petugas yang diturunkan terdiri dari 86 petugas pencacah, 16 petugas pemeriksa sekaligus pengawas petugas lapangan dan 4 orang koordinator sensus,” tuturnya.ULU