RAYA – Sekretaris Kota (Sekkot) , Irmayanti Pettalolo, menghadiri seremonial penandatanganan MoU dan perjanjian kerjasama sejumlah perusahaan di salah satu hotel di , Jumat (2/6/2023).

Perusahaan tersebut diantanraya, PT Bangun Perikanan Sulawesi Tengah, PT Alexandria Glory Star, PT Karya Megah Mulia, PT Pembangunan Sulawesi Tengah, Perumda Kota Palu, PTBangun Palu Sulawesi Tengah (BPST), PT Madea Mitra dan PT Arifin Agmill Assia.

“Pemerintah Kota Palu sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah berharap besar dengan kerjasama yang dilakukan hari ini. Hal ini dikarenakan, pendapatan terbesar dari Pemerintah Kota Palu adalah sektor jasa, untuk itu Pemerintah Kota Palu terus melakukan perbaikan infrastruktur agar Kota Palu layak disebut sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Sekkot Irmayanti.

Di samping itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu juga terus berupaya mempermudah proses-proses perizinan bagi pelaku-pelaku usaha di Kota Palu.

“InsyaAllah kalau ada hambatan dalam proses perizinan, silahkan melapor ke Pak Wali atau saya selaku Sekda. Agar kami bisa melakukan kemudahan-kemudahan dalam proses perizinan,” ungkap Sekkot.

Ia mengatakan, tahun ini, harapan Pemerintah Kota Palu terhadap bangkitnya tiga perusahaan daerah di Kota Palu baik Perumda, PDAM, ataupun BPST, bisa bergerak lebih cepat dan bisa bangkit.

Hal itu karena sebelum-sebelumnya perusahan-perusahaan Kota Palu tidak bergerak sebagaimana diharapkan .

Sehingga tahun ini, Pemkot Palu bersama DPRD Kota Palu telah menyelesaikan Peraturan Daerah terkait perubahan kelembagaan ketiga perusahaan daerah tersebut.

Selain itu juga, Pemkot Palu telah menyelesaikan Peraturan Wali Kota terkait penyertaan modal Pemerintah Kota Palu terhadap tiga perusahaan tersebut.

“Alhamdulillah hari ini merupakan kabar yang sangat baik bagi Pemerintah Kota Palu bahwa akan ada perusahaan-perusahaan lainnya yang akan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu,” ungkap Sekkot.

Sekkot Irmayanti berterimakasih dengan adanya kerjasama itu, sehingga akan menggerakkan perekonomian di Kota Palu serta menyerap tenaga kerja yang begitu banyak, juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat fi Kota Palu.

Meski begitu, ia menyampaiakn harapan Wali Kota Palu, kegiatan itu tidak hanya sekedar MoU ataupun kerjasama di atas kertas, tapi secepatnya ini bisa diimplementasikan.

“Harapan kami Pemerintah Kota Palu, akan semakin banyak perusahaan-perusahaan, akan semakin banyak tenant-tenant yang akan datang di Kota Palu. Karena Pemerintah Kota Palu akan menjanjikan hal-hal yang akan kami permudah dan kamu akan memberikan layanan-layanan bagi siapa saja masyarakat maupun yang akan datang ke Kota Palu,” ujar Sekkot.

Pada kesempatan itu, Sekkot Irmayanti juga menjelaskan komitmen Pemkot Palu terus berupaya memperbaiki semua layanan dan infrastruktur yang ada di Kota Palu.

Salah satu contohnya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu yang merupakan kawasan yang menarik, selain fasilitas yang ada, jangkauan-jangkauan infrastruktur yang dibutuhkan sangat baik.

“Seperti jalan yang ada di KEK Palu sudah diperbaiki, dekat dengan pelabuhan, dan berharap di tahun-tahun kedepan dibangun lagi infrastruktur yang akan mendukung kawasan ekonomi khusus untuk bisa beroperasi lebih baik lagi,” ucapnya. HGA