RAYA- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia (IC) kembali melaksanakan prosesi wisuda purna siswa dan tahfiz Alquran, kali ini diikuti sebanyak 82 purna siswa terdiri dari putra 39 orang dan putri 43 orang.

Wisuda purna siswa dan tahfiz Alquran angkatan V ini tidak hanya dihadiri oleh para peserta wisuda dan para tenaga pendidik di madrasah itu, melainkan juga dihadiri oleh para orang tua dan wali murid, serta Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd dan Walikota Palu,  H. , S.E.

Wisuda Purna Siswa ini mengambil slogan Calfesena, artinya sebagai generasi cemerlang, percaya diri, kuat laksana prajurit. Mengingat mereka ini adalah bagian dari peserta didik yang mengalami masa-masa tersulit dalam proses belajar mengajar, karena harus mengalami proses belajar lewat daring akibat -19.

“Sesuai dengan nama itu, kalian terbukti dan berhasil melewati berbagai tantangan dalam proses belajar mengajar, diantaranya dimasa-masa Covid-19, terdapat empat semester dilakukan melalui daring, dan dimasa-masa sulit itu telah dilewati dengan penuh kesabaran, kalian betul-betul sebagai generasi cemerlang, percaya diri, kuat laksana prajurit,”sebut Kepala MAN IC Palu Hj. Mardiati Rosmah, S. Ag., M. Ag, saat menyampaikan sambutan, Rabu (31/5/2023).

Kepala Madrasah juga mengucapkan selamat kepada para peserta wisuda itu, karena mereka keluar dari madrasah ini tidak hanya bermodalkan kemampuan akademik melainkan juga bermodalkan hafalan Alquran, bahkan ada diantara mereka hafiz 10 juz.

Pengetahuan agama yang diselingi dengan olimpiade lokal, nasional hingga intrenasional dinilai sebagai modal awal dalam menapaki tantangan kehidupan berikutnya. “Terus belajar karena ini adalah langkah awal untuk meniti masa depan yang lebih cerah,”pesan Kepala Madrasah.

Sebagai lulusan madrasah unggulan, sebagian besar mereka ini telah diterima diberbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Bahkan diantaranya masuk di Fakultas Kedokteran.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para lulusan madrasah unggulan itu, dan berharap mereka ini terus mengukir prestasi, sebagaimana yang telah mereka lakukan disaat masih belajar di MAN IC Palu, mereka semua telah mengukir prestasi baik di tingkat lokal, nasional, bahkan di tingkat internasional.

“Kalian bukan hanya menyandang ilmu akademik namun juga ilmu agama, bahkan menjadi hafiz dan Hafizah, menjadi penghafal Alquran minimal satu juz hingga sepuluh juz. Teruslah belajar jangan mudah berpuas diri, karena perjalanan kalian masih sangat panjang,”pesan H. Ulyas Taha. ENG