RAYA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( RI) Dito Ariotedjo, menerima audiensi Ketum , M Mizar Rahmatu dan Rektor Universitas Tadulako ()  Prof Amar, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ketum Sulteng   menyampaikan empat agenda  penting keolahragaan di Sulteng. Pertama, terkait  penetapan Provinsi 1000 megalit sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Pantai Tahun 2024, dimana  dalam ajang multi Iven tersebut akan mempertandingkan 14 cabang olahraga.

Kedua, Inisiator Olahraga Indonesia itu bersama Rektor Untad juga menyampaikan rencana pembangunan sport center berstandar internasional sebagai fasilitas yang bisa  mendukung ekosistem olahraga di Bumi Tadulako.

Ketiga, Nizar Rahmatu juga mengungkapkan rencana pelaksanaan

Kejuaraan Nasional Tinju Amatir (Menpora Cup) antar se Indonesia. Agenda keempat rencana besar pelaksanaan Pekan Olahraga Kebangsaan yang rencananya akan digelar di Bumi Sintiwu Moroso Kabupaten Poso.

“Atas nama KONI Sulteng,  kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menpora, kami dapat diterima dan melaporkan beberapa agenda penting termasuk penetapan Sulteng sebagai tuan rumah PON Pantai Tahun 2024 mendatang,” kata M Nizar Rahmatu.

Nizar juga mengungkapkan bahwa KONI Sulteng saat ini, terus berbenah dalam upaya perbaikan peringkat serta pencapaian prestasi di berbagai cabang olahraga. Hal ini menurutnya, tidak lepas dari dukungan Bapak Olahraga Sulteng H Rusdy Mastura selaku Gubernur, sehingga tercipta sinergitas antara eksekutif, legislatif maupun pihak swasta. Bahkan tambahnya, beberapa waktu lalu KONI Sulteng menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Universitas Tadulako (Untad) sebagai upaya mengembangkan olahraga di kalangan mahasiswa. 

Mendengar paparan yang disampaikan Ketua KONI Sulteng,  Menpora Dito menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Ketum KONI Sulteng dan Rektor Untad di Kantor Kemenpora.

Menpora Dito, mengungkapkan pihaknya sangat mendukung dan memberikan support, baik Sulteng sebagai tuan rumah PON Pantai 2024 maupun rencana besar untuk membangun sport center serta pelaksanaan beberapa iven olahraga di Provinsi Sulteng.

“Terima kasih untuk kehadirannya Pak Nizar Rahmatu dan Prof Amar. Semoga persiapan dan pelaksanaan PON Pantai 2024 mendatang  berjalan lancar,” tandasnya. *WAN