SULTENG RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota merencanakan menggelar lomba bertutur dan menulis Cerita Pendek (Cerpen) pada 8 Juni 2023.

“Hari ini (Kamis 4 Mei 2023, red), digelar rapat terkait persiapan lomba bertutur untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan lomba menulis Cerpen untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), rencananya akan dilaksanakan pada 8 Juni 2023,” kata Kepala Disperpusip Kota Palu, Syamsul Saifudin, Kamis (4/5/2023).

Syamsul, menjelaskan tujuan dari lomba menulis Cerpen yakni untuk mengungkapkan gagasan atau ide, mengasah ketajaman rasa dan merekam peristiwa atau pengalaman hidup ke dalam sebuah cerita dalam bentuk fiksi dengan memperhatikan unsur-unsur cerita.

Sedangkan, tujuan dari lomba bertutur yaitu untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia kepada anak usia dini, bukan hanya dari cerita lisan orang tua namun juga dapat melalui buku di perpustakaan, sehingga anak dapat mengenal keanekaragaman budaya nusantara.

“Harapannya, anak bisa berimajinasi, mengambil pesan moral dan menjadikannya modal pembentukan jati diri dan akhlak,” ucapnya.

Sebagai tambahan, kegiatan pendaftaran lomba mulai dibuka pada 8 Mei 2023, kegiatan coaching clinic untuk kedua lomba dilaksanakan pada 16 Mei 2023, technical meeting dan penutupan pendaftaran lomba pada 7 Juni 2023.ULU