RAYA – Suasana penuh kebanggaan dan haru menghiasi upacara penutupan latihan pembinaan dan pembaretan bagi Bintara Remaja tahun 2022 yang bertempat di Mako Satbrimob , Selasa (21/3/2023).

Di lokasi upacara itu, dihiasi tangis, haru dan pelukan kebanggaan dari orang tua Bintara Remaja Brimob Sulteng yang diberikan kesempatan untuk memakaikan baret kepada putranya sesaat sebelum pelaksanaan upacara.

“Seluruh orang tua Bintara Brimob ini memang sengaja diundang untuk menyaksikan prosesi upacara, peragaan kemampuan sekaligus menjemput para Bintara Remaja untuk melaksanakan liburan setelah melaksanakan tiga bulan intensif,” ujar Iptu Achsan Sule selaku Komandan Kompi Pembina pada latihan pembinaan dan pembaretan bagi Bintara Remaja.

Selain memakaikan baret dan menyaksikan prosesi upacara, para orang tua yang hadir juga menjadi saksi ketika para putranya memamerkan kemampuan Brimob dalam peragaan bela diri Eskrima, Repling dan Gerilya lawan Gerilya (GLG). “Agar semakin besar kebanggaan bagi para orang tua, bahwa putra-putranya adalah para personel Brimob yang terampil dan profesional,” kata Iptu Achsan.

Sementara, Dansatbrimob Polda Sulteng, Kombes Pol Mokhamad Alfian Hidayat yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya menyampaikan, penekanan akan pentingnya dengan merubah pola pikir dan pola tindak serta budaya, dimana seluruh pikiran dan tindakan yang dilaksanakan setiap personel brimob harus berdasar kepada –nilai kemanusiaan, dengan kesabaran dan keikhlasan serta kepatuhan terhadap peraturan yang ada dalam melaksanakan tugas–tugas yang diemban.

Dirinya juga mengungkapkan rasa syukurnya karena selama pelatihan sampai dengan saat ini para Bintara Remaja diberikan kesehatan. “Selamat kepada para peserta yang telah melaksanakan latihan pembinaan fisik, mental, disiplin dan pengenalan kemampuan Brimob sampai selesai. Tanamkan niat untuk menjadi Bhayangkara negara berpresisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan) yang setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan serta terus menanamkan kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat bangsa dan negara dengan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota yang memberikan pengabdian serta karya terbaiknya,” jelasnya.

Dansatbrimob juga berpesan, kepada seluruh personel Satbrimob Polda Sulteng. “Sikap dan tindakan Brimob harus dan hanya berorientasi kepada kepentingan bangsa dan negara, negara hadir dan negara tidak boleh kalah, Brimob untuk Indonesia,” tambahnya. */YAT