RAYA – Badan Nasional Republik Indonesia ( RI) memperingati tanggal 22 Maret sebagai hari lahirnya yang ke-21. Pada usianya ke-21 tahun, menggelar acara peringatan hari lahirnya dengan mengangkat tema “Akselerasi War on Drugs Menuju Indonesia Bersinar”.

Dengan tema tersebut, melalui percepatan War on Drugs diharapkan dapat mencapai target yang direncanakan sesuai dengan Rencana Strategis BNN RI Tahun 2020–2024.

Dalam sambutannya pada peringatan hari lahir BNN RI ke-21, Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan, BNN RI senantiasa berkomitmen menjadi Lembaga yang trustable dan accountable dalam upayanya menekan supply reduction dan demand reduction dengan memperkuat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) melalui empat pendekatan, yaitu soft power approach dengan melakukan pencegahan, masyarakat dan rehabilitasi, hard power approach melalui pemberantasan; smart power approach melalui IT development and research, serta cooperation melalui kerjasama antar kementerian/lembaga, swasta dan internasional.

Lebih lanjut Kepala BNN RI menyampaikan, tiga poin penting yang menjadi fokus rencana kerja BNN RI pada tahun 2023. Pertama adalah Pencegahan dan Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Kedua adalah Peningkatan Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika dan ketiga adalah Penataan dan Penguatan Kelembagaan.

Sementara, sebagai upaya Akselerasi War on Drugs pada tahun 2023 ini, BNN RI melakukan beberapa terobosan kreatif guna menggelorakan War on Drugs ke seluruh lapisan masyarakat, melalui kegiatan seperti, Sing Against Drugs, Dancing Against Drugs, Running Against Drugs, Smash on Drugs dan Shooting Against Drugs.

Momen Peringatan Hari Lahir BNN RI ke-21 ini juga dimanfaatkan oleh Kepala BNN RI untuk menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Kementerian/Lembaga, Kepala Daerah baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota beserta Forkopimda yang telah banyak membantu pelaksanaan tugas BNN RI di wilayah masing-masing.

Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh pegawai BNN RI atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang dipersembahkan demi menyelamatkan generasi penerus bangsa dari ancaman bahaya narkotika. “Upah kalian besar di surge,” ujar Kepala BNN RI.

Di tempat terpisah, BNN Kabupaten ikut memperingati HUT BNN tersebut secara virtual bersama dengan Forkopimda Kabupaten Donggala sebanyak peserta 11 orang.
Pada kesempatan tersebut, Kepala BNN Kabupaten Donggala, AKBP Abire juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah meluangkan waktu pikiran, tenaga dan materi bersama-sama dengan BNN Kabupaten Donggala melakukan upaya pencegahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Donggala.

Kata Abire, tanpa keterlibatan semua pihak, terlebih pemerintah Kabupaten Donggala, BNN Kabupaten Donggala tidak akan mampu melakukan banyak hal untuk menjaga generasi kabupaten itu dari pengaruh negatif penyalahgunaan narkoba. “Kolaborasi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan Kabupaten Donggala sebagai Kabupaten Bersinar, tanpa kolaborasi itu mustahil bisa terwujud, untuk itu terima kasih kolaborasi yang telah terbangun selama ini antara BNN dan Pemerintah Kabupaten Donggala, serta TNI/ yang telah terlibat bersama kami menjaga generasi bangsa ini,” sebut Kaban.

Kaban berharap, kolaborasi yang sudah ada saat ini terus terjaga dan terawat, bahkan jika perlu ditingkatkan lagi demi terwujudnya Kabupaten Donggala sebagai Kabupaten Bersinar. */ENG