RAYA – Tim Sulteng dipastikan gagal melaju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 usai kalah dramatis dari Provinsi Sulbar pada Babak Kualifikasi (BK) PON yang berlangsung di Gelora Bumi Kaktus (GBK) , Jumat (27/10/2023) sore.

Pada laga yang berlangsung dengan tensi tinggi itu, Sulteng harus mengakui keunggulan Sulbar dengan skor 4-5 di akhir pertandingan. Pertandingan pamungkas itu merupakan laga penentu untuk lolos ke PON karena kedua tim sama-sama mengemas 6 poin, hasil dua kali kemenangan.

Sulbar wajib menang untuk lolos, sementara Sulteng hanya perlu hasil imbang untuk  lolos PON karena unggul selisih gol.  

Laga wajib menang, membuat Sulbar berinisiatif menyerang sejak kick off dibunyikan oleh wasit  Wahyu Wicaksono. Hasilnya, dua gol langsung dilesakkan pemain Sulbar Arfandi dan M. Fhiqram di menit ke 7 dan 9. Tertinggal dua gol, membuat Sulteng menambah intensitas serangan, sehingga satu gol berhasil dicetak Moh. Fahreza di menit ke 18.  Satu gol ini memperkecil ketertinggalan Sulteng 1-2 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua,  Sulbar tidak menurunkan tempo serangan dan berhasil memperlebar jarak dengan skor 4-1 melalui dua gol yang diborong oleh Albrike Dessano menit 23 dan 26. Bermain secara spartan,  Sulteng memperkecil ketertinggalan melalui  dua gol Toledo Valiant Wijaya menit 29 dan 30 . Bahkan Sulteng bisa mengimbangi Sulbar 4-4 melalui gol Mustamil menit ke 35.

Hanya saja, hasil imbang didepan mata harus pupus berkat gol M. Fhiqram dimenit ke 38, Sulbar  unggul 5-4 dan Sulteng tidak mampu lagi membalas hingga peluit panjang dibunyikan. Asa Sulteng untuk cetak lolos pertama kalinya ke PON harus pupus.

Kemenangan 5-4 atas Sulteng membuat Sulbar menjadi kampiun di grup G dengan mengoleksi  9 poin. Sementara Sulteng hanya mampu berada di posisi kedua dengan 6 poin, disusul posisi tiga dan empat ditempati Gorontalo dengan 3 poin, dan Sulut dengan 0 poin. 

Ketua Asosiasi Futsal Provinsi Sulteng, Syamsuddin mengapresiasi semangat juang yang ditunjukkan oleh pemain  Sulteng. Menurutnya, secara permainan dan etos kerja, para pemain sudah maksimal. Hanya saja, keberuntungan lebih berpihak ke Sulbar.

“Secara permainan dan kolektivitas tim sudah baik, seluruh pemain sudah bekerja dengan luar biasa. Tadi sebenarnya kita banyak peluang, termasuk satu pinalti gagal. Hanya saja faktor keberungan belum berpihak,”jelas Syamsuddin.

Dengan berakhirnya gelaran BK PON Futsal yang dilaksanakan di Sulteng, Syamsuddin pun mengucapkan selamat kepada tim Sulbar yang berhasil melaju ke PON XXI Aceh- Sumut tahun 2024. WAN