RAYA – Tim Sulawesi Tengah (Sulteng) menang telak atas Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada hari kedua pelaksanaan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional ( BK PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 di Gelora Bumi Kaktus (GBK), Kamis (26/10/2023).

Tidak tanggung-tanggung,  Provinsi Sulteng menghajar Sulut dengan skor mencolok 14-1. Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua Sulteng pada pelaksanaan BK PON. Di hari pertama,  Sulteng juga berhasil menaklukkan Gorontalo dengan  skor 8-1. Nasib berbeda dialami Sulut, kekalahan ini merupakan kekalahan kedua. Dipertandingan pertama,  Sulut digasak Sulbar dengan skor  3-10. Dengan dua kekalahan beruntun ini, dipastikan tim Futsal Sulut gagal melaju ke PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024.

Sementara bagi Sulteng, kemenangan ini membuka peluang untuk lolos ke PON semakin besar.

Sulteng hanya butuh satu kemenangan lagi saat menghadapi Sulbar yang dijadwalkan pada Jumat (27/10/2023) hari ini.

Pelatih Pra PON Futsal Sulteng, Ridwan Basri mengatakan, kemenangan ini merupakan buah dari persiapan yang panjang. Kemenangan yang besar ini sangat berarti bagi Sulteng untuk membangun kepercayaan diri para pemain untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang lebih ketat lagi.

“Dua pertandingan ini tidak berlangsung ketat, jadi anak-anak bisa memanfaatkan kesalahan lawan,”jelasnya.

Ridwan Basri mengatakan, untuk menghadapi Sulbar di pertandingan pamungkas, pihaknya sudah melakukan analisa dan persiapan yang cukup panjang. Menurutnya, pertandingan melawan Sulbar merupakan final untuk memastikan lolos tidaknya Sulteng ke PON.

Katanya, Sulbar memiliki karakter bermain hampir mirip dengan Sulteng, yang tidak mengandalkan kemampuan individu, tetapi kerja sama tim.

“Jadi yang menentukan adalah faktor mental, menghadapi Sulbar adalah partai hidup mati untuk menentukan siapa yang berhak lolos ke PON,”jelasnya. WAN