RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka menghadiri Kick Off Meeting dan orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banggai tahun 2025-2045, di ruang rapat Pahangkabotan kantor Bappedalitbang Kabupaten Banggai, Senin (25/9/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Banggai mengatakan, Kick Off Meeting dan Orientasi Penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 bertujuan untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman dari semua elemen pemerintah terhadap berbagai peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perencanaan lainnya, termasuk teknis penyusunan dokumen dan menganalisis serta menginterprestasikan data dan pembangunan daerah yang di perlukan.

“Kita memahami bahwa, tidak ada pembangunan yang sukses dan berdaya guna tanpa melalui proses perencanaan yang matang, terlebih kedepan kita akan menuju Indonesia emas di tahun 2045. Untuk itu, tentunya perencanaan Kabupaten Banggai akan lebih kompleks, dan tidak hanya didasari pada tren masa lalu, akan tetapi juga didasari pada cita-cita yang akan kita capai di 20 tahun mendatang,” kata Bupati.

Menurut Bupati, Kabupaten Banggai memiliki struktur yang didominasi sektor primer yang tidak terbarukan dalam jangka panjang. Sehingga, diperlukan kebijakan yang mengiringi resiko tren menurunnya sektor pertambangan dan penggalian. Salah satu point strategis yang perlu kita dorong adalah pemanfaatan tata ruang wilayah terintegritas yang diikuti dengan pembangunan sektor terbarukan sebagai unggulan daerah yang dapat mengungkit perekonomian daerah yang lebih lestari.

“Olehnya itu, Kick Off dan Orientasi Penyusunan RPJPD Kabupaten Banggai tahun 2025-2045 sangatlah strategis, mengingat tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilu serentak untuk periode pertama RPJPD tahun 2025-2045 yaitu Periode Pertama Tahun 2025-2030,” ujarnya.

Jadi substansi yang akan kita susun kata Bupati, harus dapat tersampaikan dan dipahami oleh seluruh calon kepala daerah dengan baik. “Melalui kegiatan ini, saya berharap kepada seluruh peserta yang hadir terutama Kepala Perangkat Daerah agar dapat memberikan data dan informasi yang lengkap dan juga berpartisipasi dalam setiap tahapan penyusunan RPJPD Kabupaten Banggai tahun 2025-2045 dengan efisien dan konstruktif, mengingat kebijakan yang akan kita rumuskan merupakan gambaran harapan masyarakat yang akan kita wujudkan pada 20 tahun kedepan,” jelas Bupati. */MAN