RAYA  – Ribuan orang berkumpul di Senayan, Jakarta, Minggu (17/9) pukul 06.00 pagi. Tepat satu tahun jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Bendera start dikibas Ketua Umum Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman. Sebanyak 2.500 peserta berlari sejauh 5 km dalam Fun Run for  Countdown Event Road to PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Sejurus kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo bersama Ketum KONI Pusat Marciano Norman, Pejabat  Gubernur Aceh Achmad Marzuki,  dan Pj Gubernur Sumut TB Hassanuddin menghitung mundur setahun pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh- Sumut.

“Kehadiran KONI Pusat, Pj Gubernur Aceh dan Pj Gubernur Sumut bukti komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mensukseskan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut,” kata Dito Ariotedjo.

Menurut Dito mencatat ini kali pertama PON digelar di dua provinsi, Aceh dan Sumut. Kehadiran mereka menandakan pesta olahraga empat tahunan itu bakal sukses di Aceh dan Sumut.

Sementara itu, Marciano Norman  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut PON XXI 2024 Aceh dan Sumut.

“Dukungan masyarakat  untuk penyelenggaraan PON sangat besar sekali. Saya harap ini momen  baik untuk pelaksanannya nanti yang diikuti 38 provinsi. Ini pekan olahraga pemersatu bangsa,” ujar Marciano.

Selain Fun Run, lanjut Marciano juga diluncurkan website resmi PON XXI Aceh-Sumut 2024. Website ini jadi jendela para atlet yang berlomba menjadi di Aceh-Sumut nanti.

“Tentu countdown ini memacu adrenalin kami untuk bekerja lebih keras sebagai tuan rumah PON bersejarah ini,” ujar Pj Gubernur Sumut Hassanudin yang didampingi Kadispora Baharuddin Siagian, Kadisinfo Ilyas Sitorus dan Ketua KONI Provinsi Sumut John Lubis.

Hassanudin lebih lanjut mengatakan persiapan teknis maupun non teknis Sumut sebagai tuan rumah terus on progres.

“Kami terus melakukan berbagai persiapan di semua sektor, karena kami serius ingin menuai sukses sebagai penyelenggara maupun prestasi. Sejauh ini pembangunan infrastruktur juga berjalan sesuai rencana. Kami telah meminta PB PON Sumut beserta panitia daerah untuk bekerja keras,” papar Hassanudin.

Hal senada dilontarkan Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki. Dia menyebut Fun Run Hitung Mundur PON yang diprakarsai KONI Pusat telah memacu semangat.

“Countdown ini mengigatkan kami bahwa PON XXI semakin dekat. Kami pun terpacu untuk bekerja maksimal. Aceh akam menggelar 32 cabor dan sudah siap semua,” tukas Achmad Marzuki. * WAN