RAYA – Persipal Babel United () sukses meraih tiga poin di laga perdananya di Liga 2 tahun 2023/2024.

Tiga poin diraih Laskar Tadulako usai menghajar tamunya Sulut United 3-1 di Stadion Gawalise , Sabtu sore  (16/9/2023).

Pada pertandingan yang disaksikan sekira 4 ribu penonton itu, Persipal BU menurunkan skuad terbaiknya di 11 pertama, termasuk dua pemain asing yakni Jahanbakhsh Zabihi Taher asal Iran dan Thales Lima asal Brazil.

Usai Kick Off dilakukan, Persipal BU langsung inisiatif melakukan serangan dan menekan tim lawan. Hasilnya, baru lima menit pertandingan, Persipal BU sudah unggul 1-0 melalui sundulan striker Thales Lima. Pemain yang memiliki postur tinggi besar itu berhasil memanfaatkan tendangan sudut yang diberikan oleh Rendy Saputra.

Thales Lima kembali menunjukkan kelasnya pada menit ke 14 dengan mencatatkan brace melalui tendangan keras yang tidak mampu dihalau kiper Sulut United, Geril Kapoh.

Sulut United berhasil memperkecil ketertinggalan 2-1 di masa injury time melalui gol bunuh diri pemain bertahan Persipal Ragil Dimas.

Ragil Dimas salah mengantisipasi umpan silang mendatar yang dilakukan oleh Yoga Adiatama.

Keunggulan Persipal 2- 1 menutup babak pertama pada pertandingan bertajuk Derby Sulawesi tersebut.

Di babak kedua, baik Persipal maupun Sulut United langsung melakukan sejumlah pergantian. Melalui amunisi baru yang dimasukkan, Sulut United berhasil tampil lebih garang di babak kedua.

Hanya saja, sejumlah peluang belum berhasil dimanfaatkan oleh Sulut United. Itu karena ketatnya pertahanan Persipal BU yang dikawal oleh Rendy Saputra, Agim Fariansyah dan Jahanbakhsh Zabihi Taher.

Persipal BU berhasil menambah keunggulan di menit 90 melalui sepakan keras dari luar kotak penalti Irvan Mofu. Persipal BU unggul 3-1 atas Sulut United hinggal peluit panjang dibunyikan oleh wasit Muhammad Tri Santoso.

Usai pertandingan, Pelatih Sulut, Jaya Hartono mengucapkan selamat atas kemenangan Persipal BU. Meski sempat melontarkan kekecewaan dengan kepemimpinan wasit, Jaya Hartono mengakui keunggulan dan kualitas Persipal BU yang diperkuat oleh dua pemain asing.

Sementara itu, Pelatih Persipal BU, Bambang Nurdiansyah (Banur) mengatakan bersyukur atas kemenangan di laga perdana ini.

Menurut Banur, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan kualitas tim, karena pertandingan selanjutnya akan jauh lebih berat.

Pertandingan selanjutnya, Persipal BU akan away ke Pulau Papua untuk menghadapi tiga tim yakni PSBS Biak, Persipura Jayapura, dan Persewar Waropen.

“Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat ,” ujar Coach Banur. WAN