RAYA- Empat peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) , yang tergabung dalam Tim Paskibraka tahun 2023 mengikuti Tour Kebangsaan selama empat hari, terhitung dari tanggal 14-17 September 2023.

Mereka ini akan mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) RI di Jakarta, serta mengunjungi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Jawa Barat.

Hal tersebut bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman para anggota Paskibraka 2023 sekaligus sebagai wujud reward atas kerja keras mereka. Sehingga Pemerintah Kota Palu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palu membawa mereka mengikuti Tour Kebangsaan.

Keempat peserta didik MAN IC Palu itu, masing-masing Ahmad Ilyas Mu'Alimin (Putra), Muhammad Naufal Dzaky Edy (Putra), Muh Subil Mubarak KH (Putra), dan Nada Syarifah Ramadhani Suid (Putri).

Dimana sebelumnya, saat kegiatan ramah tamah pada tanggal 9 September 2023, Kepala Kesbangpol Kota Palu, Ansyar Sutiadi dalam sambutanya menyampaikan ada tiga yang dibuat oleh Paskibraka tahun 2023 ini.

Pertama, Paskibraka Kota Palu Tahun 2023 menjadi satu-satunya Paskibraka yang mendapatkan langsung Pin Lemhanas. Kedua, sebelum pengibaran duplikat bendera pusaka di tingkat Kota Palu. Duplikat bendera pusaka sebelumnya dikirab selayaknya pengibaran bendera pusaka di Istana Negara.

Ketiga, Paskibraka tahun 2023 ini masih disebut sebagai paskibraka aktif dan akan disebut sebagai purna jika sudah mengibar pada tanggal 1 Juni 2024 pada saat peringatan kesaktian Pancasila.

Hal tersebut kata Ansyar, baru terjadi karena Kesbangpol Kota Palu bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. “Bukan hanya itu, semua Paskibraka tahun 2023 akan menjadi Duta Pancasila dan menjadi pelopor di sekolah masing-masing,”sebut Ansyar.

Sementara itu, Kepala MAN IC Palu, Hj. Mardiati Rosmah, S.Ag., M.Ag berpesan kepada keempat peserta didiknya itu agar senantiasa menjaga perilaku dan tindakan serta nama baik madrasah di mana pun mereka berada. Sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pembina atas pikiran, tenaga dan waktu yang dicurahkan selama pembinaan keempat peserta didik itu. ENG