RAYA – Demi mendorong tingkat literasi dan keuangan di wilayah pedesaan, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (KOJK) Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mengakselerasi program kerja Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Wisata Luk Panenteng.

Akselerasi literasi untuk mencapai inklusi di desa tersebut pada triwulan III 2023 ini, telah memasuki periode inkubasi dengan beberapa program inkubasi seperti; keuangan kepada BUMDes dan masyarakat desa Luk Panenteng, perluasan akses keuangan dengan dilakukannya pembukaan agen layanan tanpa kantor (laku pandai) perbankan.

“Kemudian, dilakukan juga pembukaan rekening simpanan bagi masyarakat umum yang belum memiliki akses ke perbankan, serta pengembangan infrastruktur wisata yang menjadi ikon Desa Luk Panenteng dengan fasilitasi sertifikasi pemandu selam dan publikasi wisata dengan memanfaatkan sarana publikasi dari pelaku usaha jasa keuangan di daerah,” kata Kepala KOJK Sulteng, Triyono Raharjo, belum lama ini.

Menurutnya, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan pada 2022, menunjukan tingkat sebesar 49,68 persen dan tingkat inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

“Di wilayah perkotaan tingkat literasi keuangan kita 50,52 persen dan tingkat inklusi keuangan 86,73 persen dan untuk wilayah pedesaan tingkat literasi keuangan adalah sebesar 48,43 persen dan tingkat inklusi keuangan adalah sebesar 82,69 persen,” beber Triyono.

Pihaknya berupaya mengakselerasi tingkat literasi dan inklusi keuangan di pedesaan lewat program EKI itu, yang dinilia menjadi wadah sinergi antar stakeholders baik pemerintah, regulator, komunitas, akademisi, lembaga jasa keuangan, sehingga peran seluruh pihak diharapkan mampu menggerakkan roda pembangunan serta mengembangkan keuangan inklusif di desa secara masif guna meningkatkan perekonomian Masyarakat.

“Selain pelaksanaan program EKI di Kabupaten Banggai Kepulauan, menindaklanjuti surat edaran Bupati Banggai Kepulauan tentang Program Satu Pelajar Satu Rekening Kabupaten Banggai Kepulauan, KOJK Sulteng bersama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepualauan dan Bank Daerah melaksanakan puncak kegiatan Hari Indonesia Menabung Tahun 2023 di SD dan SMP Satu Atap Desa Luk Panenteng. Kegiatan tersebut selain bertujuan mengakselarasi kepemilikian rekening tabungan khususnya dari segmen pelajar tentu juga sebagai bentuk komitmen, kerja sama, dan sinergi antara KOJK Sulteng dengan Pemda,” tutupnya. RHT