RAYA – Ribuan masyarakat memadati area lapangan upacara Bukit Halimun Kota Luwuk Kabupaten Banggai, Sabtu malam (26/8/2023) pada puncak kegiatan Central Celebes Economy Fest (CCDEF) 2023.

Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan kedua mengikuti kesuksesan event sebelumnya di tahun 2022 yang juga dilaksanakan di Kota Luwuk. Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian event ini yaitu Fun Run 5K, aneka doorprize menarik, lomba ranking 1 dan konser musik dengan menghadirkan penyanyi dan grup band asal ibukota yaitu Rayen Pono dan NAFF.

Kegiatan Fun run sebagai awal rangkaian CCDEF 2023 sendiri diikuti oleh tidak kurang dari 1.200 orang peserta termasuk Bupati Banggai, Amirudin.

Mengusung tagline “QRISnya Satu, Menangnya Banyak”, kegiatan Fun Run kali ini dapat diikuti oleh masyarakat cukup hanya scan Rp2, dengan hadiah doorprize melimpah yang dapat dimenangkan oleh peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Bapak Dwiyanto Cahyo Sumirat menyampaikan agar kegiatan ini dapat semakin memperluas penggunaan QRIS sebagai kanal pembayaran yang CeMuMuAH (Cepat, Murah, Mudah, Aman, dan Handal) bagi percepatan pertumbuhan di Sulawesi Tengah.

Turut hadir juga anggota Komisi XI RI, Muhidin Mohamad Said, yang dalam sambutannya menyampaikan agar QRIS dapat dijadikan sebagai kanal pembayaran utama sebagai upaya membentuk masyarakat non tunai.

Rangkaian kegiatan lainnya dalam agenda CCDEF 2023 yaitu Lomba Ranking 1 yang diikuti oleh para pelajar dan di Kota Luwuk untuk menguji pengetahuan peserta terkait kebanksentralan, sistem pembayaran, dan Cinta Bangga Paham (CBP) . Selain itu, juga dilakukan sosialisasi mengenai penggunaan QRIS kepada seluruh masyarakat yang hadir di arena kegiatan.

Antusiasme CCDEF 2023 ditutup dengan konser musik yang menghadirkan grup band asal ibukota yaitu NAFF yang dapat diikuti oleh masyarakat cukup dengan scan Rp1 dengan jumlah penonton lebih dari 6.700 orang yang memadati Lapangan Bukit Halimun pada Sabtu malam.

Total yang terjadi pada rangkaian kegiatan CCDEF 2023 mencapai lebih dari 7.900 dan diharapkan melalui kegiatan CCDEF 2023 ini mampu memberikan user experience yang selanjutnya membentuk kebiasaan dalam penggunaan QRIS pada setiap transaksi pembayaran khususnya di Sulawesi Tengah. *WAN