RAYA- Komunitas Seni Tadulako menjalin kemitraan dengan Universitas Tadulako () , melalui dukungan program Indonesiana oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, menyelenggarana Gelar Karya Komunitas Seni Tadulako yang bertajuk “Tadulako Neolitikum Voice”.

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 10 dan 11 Agustus 2023, bertempat di Auditorium Untad Palu. Dengan sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya Visual Forming, Fotografi and Painting Exhibition, Music and Dance Art Performance, Documentary Film Screening, Multimedia Arts Performance.

Ketua Dewan Keseninan Sulawesi Tengah (DKST), Hapri Ika Poigi sekaligus mewakili penyenggara kegiatan menjelaskan, bahwa penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan secara kemitraan dan kerja-kerja kolaboratif sebagai langkah awal pada pelaksanaan gelaran ini.

Dimana kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam membengun ruang diskusi yang utuh terhadap teks-teks peradaban dan kebudayaan yang terkandung di dalam khasanah keragaman budaya Sulawesi Tengah.

“Melalui giat pengkaryaan yang kreatif dan inovatif, diharapkan mampu berperan dalam merespon berbagai isu serta fenomena yang terjadi di tengah masyarakat saat ini, dalam memaknai sebuah perubahan kehidupan yang semakin dinamis,”sebut Hapri, Kamis (10/8/2023).

Katanya, pendekatan berbasis riset-observasi terhadap pengetahuan lokal dalam bentuk seni pertunjukan multi disipliner, akan menjadi sajian paling menarik pada persentasi gelar karya, konsep ini merupakan bagian dari upaya mendorong inventarisasi budaya yang berdampak terhadap terciptanya ekosistem kesenian dalam rangka perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, serta pembinaan dengan membangun kerjasama yang erat dari seluruh pihak, untuk pemajuan kebudayaan Sulawesi Tengah yang berkelanjutan. ENG