RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Istiqomah Ngatabaru cabang Pondok Pesantren Padungnya, Kecamatan Nambo, yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Istiqomah Ngatabaru bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Nambo, di Desa Padungnyo, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai, Kamis (27/7/2023).

Motto Pondok Pesanten tersebut, Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas dan Berpikiran Bebas. Tampak hadir dalam kegiatan itu, pimpinan Ponpes Al-Istiqomah Ngatabaru , Kepala BPN Banggai, para pimpinan OPD, Camat Nambo bersama unsur Forkopimcam, mantan Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo, Kabag Prokopim Setda Banggai bersama Staf dan Kades Padungnyo.

Dalam sambutannya Bupati Banggai mengatakan, terkait dengan pembangunan Ponpes Modern Al-Istiqomah Ngatabaru Cabang Padungnyo Kecamatan Nambo ini, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menyampaikan ucapan terima kasih dan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Yayasan Al-Istiqomah Ngatabaru, panitia pembangunan, serta masyarakat Kabupaten Banggai khususnya masyarakat Desa Padungnyo Kecamatan Nambo pada umumnya. “Saya berharap semoga dengan dibangunnya ponpes ini, akan menambah serta meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT serta menimba ilmu agama ditempat ini,” kata Bupati.

Menurut Bupati, Ponpes itu bukan hanya sekedar menggerakkan pendidikan, tetapi menjadi bagi desa dan daerah disekitar tempat itu. “Insya Allah apa yang telah dikeluhkan masyarakat disini yaitu masalah jalan sebagai akses transportasi menuju Ponpes ini, sudah menjadi tanggung jawab saya selaku Bupati,” ujarnya. Terkait jalan yang akan dibangun nantinya, jalan ini akan dibuat minimal lebarnya 6 Meter, dan satu lintasan. Pohon kelapa yang mengganggu jalan itu, nantinya harus ditebang dan semoga pemiliknya bisa mengikhlaskan tanpa ganti rugi. “Insya Allah tahun 2023 ini akan dimasukkan dalam penyusunan anggaran sehingga pelaksanaannya cepat direalisasikan,” terangnya.

Terkait masalah air sambungnya, tahap pertama akan kami coba masukkan sumur bor, Insya Allah beban yang telah dikeluhkan tadi sudah terpenuhi, sehingga pembangunannya bisa dipercepat. “Insya Allah secara pribadi dalam peletakan baru pertama ponpes ini, saya akan menyumbang 1.000 sak semen, dan nantinya kalau sudah ada yang berdiri bangunannya, saya akan berikan bantuan lagi,” ucapnya.

Karena di tahun 2023 ini kata Bupati, adalah yang terbesar memberikan bantuan kepada Pondok-pondok pesantren di Kabupaten Banggai, mulai dari Nuhon, Bunta, Lobu, Pagimana dan sampai ke Toili, itu paling banyak disumbangkan untuk pembangunan sekolah Pondok-pondok pesantren. “Saya yakin dan percaya kalau bapak dan ibu menitipkan anak-anaknya di Pondok Pesantren, pasti anak-anaknya akan mengajak bapak dan ibu masuk surga,” pesan Bupati.

Usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Modern Al-Istiqomah Ngatabaru Desa Padungnyo, Bupati Banggai melanjutkan kegiatan panen perdana tanaman tomat di Desa Lempek Baru. Kegiatan itu juga menginplementasikan program Pemerintah Kabupaten Banggai yaitu Program Satu Juta Satu Pekarangan dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan yang kosong. */MAN