RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan silaturahmi bersama para pelatih dan seluruh atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Palu di Taipa Beach Kota Palu, Ahad (30/7/2023).
Kegiatan tersebut sekaligus untuk memberi apresiasi kepada Kontingen Popda Kota Palu telah berhasil meraih juara umum di ajang Popda tingkat Sulawesi Tengah di Parigi Moutong belum lama ini.
Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, menyerahkan langsung bonus apresiasi Wali Kota Palu kepada Kontingen Popda 2023. Total bonus yang diserahkan sebesar Rp138,5 juta.
“Setiap cabang olahraga diberikan bonus masing-masing untuk Karate sebesar Rp26,5 juta, Panahan Rp9 juta, Taekwondo Rp38,5 juta, Atletik Rp22,5 juta, dan pelatih diberikan bonus Rp42 juta. Kami memberikan apresiasi kepada seluruh adik-adik yang sudah berprestasi di POPDA tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Sekkot Irmayanti.
Menurutnya, dari prestasi diraih kali ini, para atlet kontingen Kota Palu telah menunjukkan mereka telah sungguh-sungguh dan kerja keras dalam mengikuti latihan.
Ia berpesan agar prestasi diraih tidak sampai di sini saja, tetapi terus maju dan meningkatkan prestasinya, sehingga anak-anak Kota Palu layak diperhitungkan, bukan hanya di tingkat Sulawesi Tengah, tapi juga di nasional.
“Tahun ini beberapa ajang lomba yang diikuti oleh kelompok masyarakat, semua meraih predikat juara umum. Salah satu contohnya dari Agama Hindu yang berhasil meraih juara umum di Morowali Utara. Mudah-mudahan setiap ada lomba, Kota Palu selalu tampil yang ,” ungkap Sekkot.
Ia menyatakan, pemberian bonus kepada Kontingen Popda dari Kota Palu itu sebagai bentuk perhatian Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid atas prestasi sudah diraih dengan meraih 27 emas.
“Bonus ini sebagai motivasi, sehingga bonus yang didapatkan kedepan akan lebih besar lagi. Jangan puas sampai di sini, terus bawa harum nama Kota Palu,” kata Sekkot Irmayanti.
Sekkot Irmayanti meminta para atlet agar mengajak teman-temannya untuk ikut kegiatan olahraga, karena semakin banyak anak-anak bergabung, secara tidak langsung menyelamatkan anak-anak dari hal-hal tidak diinginkan, termasuk Narkoba yang jadi kewaspadaan bagi semua.
“Mari kita selamatkan mereka untuk ikut kegiatan-kegiatan yang positif. Jadi tauladan sesama usia kalian,” tambah Sekkot.
Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, yang turut hadir pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Kontingen Popda yang telah berprestasi dan membawa harum nama Kota Palu.
“Terima kasih banyak. Begitu juga dengan pelatih yang telah melatih adik-adik sehingga berprestasi,” ujar Ketua Diah Puspita.
Ia berpesan kepada para atlet agar jangan pernah berpuas diri, terus belajar dan mencari ilmu, sehingga semakin sukses kedepannya.
“Jangan terpengaruh dengan lingkungan yang tidak baik. Terus buat Kegiatan yang positif, teruslah belajar, dan jangan lupa ibadah nomor satu,” pesan Diah Puspita.
Turut hadir dalam kesempatan ini yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Mohammad Akhir Armansyah, serta pejabat lainnya di dinas tersebut.HGA