RAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai menggelar pawai Tarhib memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah, di pelataran mimbar MTQ Agung An-Nur, Rabu (19/7/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulili menyampaikan, kegiatan hari ini tentunya adalah kegiatan yang penuh makna. “Tahun baru Islam merupakan tahun permulaan kita, sesungguhnya sebagai umat muslim harus hijrah dari segala bentuk hal-hal yang tidak sesuai dengan syariat kita,” kata Wabup.

Olehnya itu kata Wabup, makna kegiatan hari ini tetap kita jiwai dan kita tanamkan dalam lubuk hati kita yang paling dalam. Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono saat melepas pawai Tarhib itu mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H untuk seluruh umat Islam di Kabupaten Banggai ini. “Jumlah peserta kegiatan ini diperkirakan 1.500 orang lebih, dan para peserta berasal dari beberapa OPD, majelis ta'lim, lembaga pendidikan, remaja masjid serta organisasi agama Islam,” tutur Raden.

Sedangkan, Ketua PHBI Banggai, Alfian Djibran mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen umat Islam dalam menjaga toleransi dan mendukung program pembangunan. “Pemenang dari lomba pawai Takbir hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H ini yaitu, juara satu diraih oleh Masjid Nurul Yaqin Unjulan, juara dua diraih oleh Masjid Al-Ilham Bungin dan juara tiga diraih oleh Masjid Nurul Iman Kilongan,” sebutnya. */MAN