RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, H. Furqanuddin Masulili meresmikan gedung SMKS Bangun Insani Tomeang, Kecamatan Bunta yang diselenggarakan oleh Yayasan Assa'adah Bangun Insani, di halaman kompleks SMKS Bangun Insani Tomeang, Jalan Raya Tomeang Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan yang mengusung tema, Membina Iman dan Taqwa, Berdaya Saing, Berjiwa Entrepreneurship Dalam Menumbuhkan Prilaku Positif, , Disiplin dan Berakhlak Mulia, itu dihadiri Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Provinsi Sulteng Dr. Asrul Ahmad, Staf Khusus Bupati Banggai Alimuddin Nur, Camat Nuhon, Camat Simpang Raya, unsur Forkopimcam, Ketua Dewan Pembina Yayasan Assa'adah Bangun Insani, Ketua Yayasan Assa'adah Bangun Insani, Kacabdis Wilayah V Provinsi Sulteng, Kasubag Bagian Prokopim Setda Banggai, Kepala KUA Nuhon, Kades Tomeang dan para Kades se-Kecamatan Nuhon.

Acara diawali dengan Penyerahan Izin Operasional Dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng, kepada Ketua Yayasan Assa'adah Bangun Insani Tomeang dan Pengukuhan Kepada 27 Siswa/Siswa SMKS Bangun Insani Tomeang Angkatan Pertama, Tahun Pelajaran 2023-2024 oleh Ketua Yayasan Assa'adah Bangun Insani Tomeang.

Dalam sambutannya Wabup Banggai mengatakan, barusan kita bersama-sama sudah mendengarkan gagasan-gagasan dari pendiri sekolah ini, dan tentunya kita harus patut berbangga karena pembina maupun pengurus yayasan ini, adalah anak daerah Desa Tomeang yang telah sukses di rantau orang. Tetapi begitu sukses di rantau, ia tidak lupa kampung halamannya, ini adalah sosok panutan kita semua.
“Kalau kita sudah sukses di rantau orang dan pulang di kampung halaman, kita harus bisa bangun kampung ini, Insya Allah nanti ke depan kampung kita ini akan sejajar dengan desa-desa yang ada di negeri tercinta ini. Sekolah SMKS ini adalah merupakan wujud nyata dari pada gagasan-gagasan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. Olehnya itu, SMKS ini perlu kita dukung karena Insya Allah dengan SMKS ini akan melahirkan generasi-generasi yang tampil dan Mandiri kedepannya,” kata Wabup.

Sesuai dengan program Bupati dan Wabup Banggai dalam visi misinya kata Wabup, di mana salah satu misinya adalah termasuk bagaimana kita mengangkat masalah sumber daya manusia. “Alhamdulillah beberapa tahun setelah 2 tahun ini kami memang selalu mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang tentunya bisa melaksanakan pembangunan di daerah ini, untuk mengisi ruang-ruang yang harus memang diisi oleh generasi-generasi yang punya gagasan-gagasan, keterampilan-keterampilan,” jelasnya.
“Insya Allah melalui SMK ini, akan dibina siswa-siswa yang tampil program pembangunan nasional di bidang peningkatan sumber daya manusia,” tambahnya.

Salah satunya lanjut Wabup, kemarin telah digagas oleh Presiden RI di Papua sudah dilaunching yang berkaitan dengan program Manajemen Talenta Pemuda Indonesia (MANTAP). Di Kabupaten Banggai juga satu-satunya kabupaten yang pertama dikunjungi oleh staf khusus Presiden RI sudah diluncurkan program Mantap. “Jadi program Mantap ini kita akan merekrut 1.000 pemuda dan pemudi. Olehnya itu kepada para orang tua, mari kita besarkan sekolah ini dan sekolah ini akan menjanjikan harapan masa depan anak-anak kita. Karena kita punya potensi yang luar biasa sekarang ini banyak calon-calon yang telah melirik daerah kita ini dan sudah banyak yang mendaftar,” terangnya.

Mudah-mudahan tambah Wabup, Yayasan ini nantinya bisa membuka jurusan yang berkaitan dengan penyediaan tenaga keja dan lapangan kerja, khususnya sumber daya alam. Paling tidak nanti akan datang para investor yang tentunya akan juga dibutuhkan tenaga-tenaga yang berkaitan dengan itu.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis seperangkat baju seragam sekolah dan penguntingan pita gedung sekolah baru oleh Wabup Banggai didampingi Ketua Dewan Pembina, Camat dan Forkopimcam, pertanda telah diresmikannya gedung sekolah baru dan siap dipakai untuk belajar mengajar. */MAN