RAYA – Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI, Dr. CAND Billy Mambrasar melaunching manajemen talenta pemuda di Kabupaten Banggai, di ruang pertemuan kantor TPHP Kabupaten Banggai, Ahad (16/7/2023).

Staf Khusus Presiden RI didampingi Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka bersama Wakil Bupati (Wabup) Banggai H. Furqanuddin Masulili, Asisten Deputi Sentra Keolahragaan Kemenpora RI dr. Bayu Rahadian, Unsur Forkopimda, Sekda Banggai, para Staf Ahli Bupati/Asisten/Staf Khusus Bupati, para pimpinan OPD, para Kabag Setda Banggai, para Camat dan Rektor .

Dalam sambutannya Bupati Banggai mengatakan, kita akan menargetkan 1.000 pemuda yang akan dilatih dan akan terpilih 35 pemuda yang akan mengikuti di tingkat nasional. Melalui pelatihan ini diharapkan akan menghasilkan pemuda kreatif dan memiliki talenta untuk siap bekerja dan menciptakan lapangan kerja. “Semoga dapat menjadi acuan dalam pengembangan kepemudaan di Kabupaten Banggai, karena pemuda jangan hanya berpikir jadi ASN, sebab ASN gajinya kecil. Tetapi menjadi ASN juga itu pengabdian kepada negara dan masyarakat,” kata Bupati.

Jadi kata Bupati, berpikirlah bagaimana pemuda dan pemudi yang kreatif, memiliki talenta dan berpikir untuk bisa maju tampil kedepan untuk daerah, negara dan masa depannya.
Sementara, Staf Khusus Presiden RI , Billy Mambrasar mengatakan, di Papua ada 12.500 pemuda yang terlatih. Apalagi di Kabupaten Banggai yang merupakan daerah termaju di Sulawesi Tengah (Sulteng). “Presiden Joko Widodo telah menghadiahkan gedung senilai Rp102 Miliar untuk tempat pemuda berlatih dan berkreasi di Provinsi Papua dan gedung itu menjadi rumah bagi pemuda,” kata Billy.

Olehnya itu kata Billy, nantinya harus ada penyediaan data tentang pemuda yang telah bekerja dan mendapatkan modal atau belum. “Pelatihan ini termasuk membuat konten kreatif, agar pemuda memiliki akun medsos yang bisa menghasilkan uang, seperti menjadikan tiktok sebagai sumber penghasilan,” jelas Billy. */MAN