RAYA – Kontingen Kota Kembali meraih juara umum Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang digelar di Kabupaten Parigi Moutong (), 13-15 Juli 2023.

Popda tersebut mempertandingkanempat cabang olahraga yakni atletik, taekwondo, karate dan panahan.

Dalam perolehan medali, Kontingen unggul jauh dibanding kabupaten lain yakni 27 emas, 13 perak dan sembilan perunggu.

kedua diraih oleh Kabupaten dengan enam emas, tujuh perak dan 15 perunggu. Sedangkan tuan rumah Kabupaten Parmout hanya berada diperingkat ketiga dengan dengan enam emas, tujuh perak dan delapan perunggu.

Diperingkat keempat Kabupaten Poso dengan lima emas, dua perak dan 11 perunggu, selanjutnya diperingkat kelima dengan raihan tiga emas, delapan perak dan enam perunggu, kemudian Kabupaten Buol diperingkat enam dengan tiga emas dan dua perunggu serta serta Kabupaten Banggai diperingkat tujuh dengan dua emas, tujuh perak dan 11 perunggu.

Kemudian peringkat delapan Kabupaten Morowali dengan dua emas, lima perak dan delapan perunggu. Peringkat sembilan Kabupaten Tolitoli dengan satu emas, dua perak dan tujuh perunggu, peringkat sepuluh Kabupaten Tojo Unauna empat perak dan enam perunggu, peringkat ke-11 Kabupaten Morowali Utara dengan tiga perunggu serta peringkat ke-12 Kabupaten Banggai Laut dengan dua perunggu. Satu kabupaten lainnya yakni Kabupaten Banggai Kepulauan tidak ikut pada Popda tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Parmout, Badrun Nggai menyerahkan piala bergilir Gubernur Sulteng kepada pimpinan kontingen Kota Palu, Muhammad Ahir Armansyah pada acara penutupan Popda di halaman Kantor Bupati Parmout, Sabtu sore (15/7/2023).

Wabup Parmout, Badrun Nggai yang menutup kegiatan itu dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana, para wasit, official, para peserta dan seluruh masyarakat yang telah membantu kelancaran kegiatan Popda sehingga berjalan aman dan lancar.

“Pelaksanaan Popda ini ternyata mampu memberikan motivasi dan semangat tersendiri bagi para atlet maupun masyarakat yang datang menyaksikan berbagai pertandingan. Melihat antusias yang cukup tinggi tersebut, kedepannya saya berharap intensitas pembinaan keolahragaan di daerah kita lebih ditingkatkan lagi,”ujarnya.

“Untuk itu melalui event ini dapat menjadi ajang pengembangan serta peningkatan mutu sumber daya manusia dalam bidang olahraga sehingga dapat menjaring bibit-bibit atlet muda berbakat dan berkualitas,”tambahnya.

Wabup menambahkan, Popda tersebut telah melahirkan generasi unggul Provinsi Sulteng yang diharapkan dapat mengharumkan nama Sulteng di tingkat nasional dan internasional dimasa mendatang. AJI