RAYA – Sebanyak 46 kapal layar tradisional sejak pagi pukul 06.30 hingga pukul 09.00 wita mulai berdatangan, ada yang menuju pantai Tanjung Karang dan ada juga yang menuju ke pantai Kabonga Kecil, Donggala, Selasa (27/6/2023).

Mereka bersiap untuk menyeberangi perairan Teluk dalam lomba perahu layar tradisional yang digelar Ditpolairud sebagai penggagas lomba kearifan lokal dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

Pukul 12.30 Wita, perahu layar tradisional Seri A dilepas oleh Kasi Binmasair Ditpolairud Polda Sulteng Kompol DG. Agus RS. Tola dan pukul 13.00 Wita giliran perahu layar tradisional Seri B dilepas dengan kibaran bendera start.

Jarak yang ditempuh dalam lomba ini kurang lebih 4 mil dan 6 mil menuju garis finish di mako Ditpolairud Polda Sulteng, Wani Kabupaten Donggala.

Wadirpolairud Polda Sulteng, AKBP Dr. Sirajuddin Ramli sebelum menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba mengatakan, acara ini sebagai wujud apresiasi dan dukungan kami terhadap pelestarian budaya dan kearifan lokal yang dimiliki Provinsi Sulawesi Tengah.

Ia juga menambahkan, lomba ini sebagai ajang untuk mempromosikan kekayaan budaya maritim masyarakat pesisir dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara, di tempat yang sama Kasi Binmasair Ditpolairud Polda Sulteng mengatakan, pelaksanaan lomba perahu layar tradisional berjalan aman dan lancar serta dukungan masyarakat yang antusias menyaksikan lomba baik di lokasi start maupun finish.

Lomba perahu layar tradisional ini kata Agus Tola, terbagi dalam 2 seri yaitu Seri A terdiri dari 3 awak perahu dengan panjang perahu 7 meter dan lebar layar 19 meter dengan menempuh jarak 6 mil. Sedangkan, untuk Seri B terdiri dari 2 awak perahu dengan panjang perahu 5 meter dan lebar layar 15 meter, menempuh jarak 4 mil.

Selanjutnya, Agus Tola juga mengatakan, dari kelompok seri A waktu tercepat ditempuh selama 30 menit dan juaranya diraih perahu Giat Jaya yang dikendalikan Irham, disusul juara II perahu choki-choki dikendalikan Riswan dan juara III perahu Rudal yang dikendalikan Anwar, kesemuanya warga Kelurahan Panau Kota Palu.

Sementara, untuk Seri B, keluar sebagai juara I dengan waktu tempuh 20 menit diraih perahu Impianku yang dikendalikan Yayan, Juara II perahu Pindrang Jaya dikendalikan Abd. Wahid dan Juara III perahu Bos Kodi dikendalikan Sumardo dari Kayu Malue Palu. Kepada para Juara telah diberikan hadiah berupa tropy dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Wadirpolairud Polda Sulteng. */YAT