RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) berencana bakal menyediakan pelayanan publik di Pasar Bambaru.

Wali , , mengatakan, rencana tersebut sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus memudahkan akses masyarakat dalam membayar dan retribusi lainnya.

“Layanan meliputi pembayaran pajak dan retribusi lainnya, dan pusat ini akan melayani kebutuhan administratif seperti perizinan usaha,” jelas Wali Kota Hadianto saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bambaru, Kelurahan Baru, Senin (3/7/2023).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga bakal memyediakan pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta sumber pendapatan lainnya di Pasar Bambaru.

“Dengan demikian, masyarakat di sekitaran Kecamatan Palu Barat tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke kantor Wali Kota Palu. Kemungkinan ke depan, layanan dokumen perusahaan juga akan tersedia melalui aplikasi di ponsel. Dengan adanya pusat pelayanan publik ini, diharapkan proses layanan dapat dipercepat,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Hadianto juga menyampatkan bertemu sekaligus berdialog langsung dengan para pedagang di pasar tersebut.

DIRESMIKAN PADA AWAL 2022

Sebelumnya diberitakan, Pasar Bambaru di Kelurahan Baru, Kecamatan Palu Barat resmi difungsikan kembali usai diresmikan Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, secara simbolis, Kamis (27/1/2022).

Wali Kota Hadi berharap, Pasar Bambaru yang kini berkonsep modern itu, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya para pedagang.

Ia mengatakan, pembangunan pasar itu belum sempurna. Olehnya, dalam waktu dekat pihaknya akan mengalihkan pengelolaan Pasar Bambaru kepada Perusahaan Daerah Kota Palu.

“Agar pengelolaannya lebih profesional. Bukan hanya pedagang, tapi juga mengelola semua potensi untuk dikembangkan dan semakin memantapkan pasar ini. Karena masih banyak hal yang perlu diperbaiki, dikembangkan dan ditingkatkan,” kata Wali Kota Hadi.

Menurutnya, Pasar Bambaru merupakan salah satu potensi terbesar dimiliki Kota Palu. Olehnya, potensi itu harus betul-betul mampu dikembangkan sebaik-baiknya guna mencapai pembangunan diharapkan.

Ia juga berharap masyarakat menyambut baik peresmian Pasar Modern Bambaru itu, walaupun masih banyak hal harus dibenahi agar betul-betul menyamankan pengunjung.

“Fasilitas kafe di atas betul-betul dikelola dengan sebaik-baiknya. Kita harus perhatikan bahwa Pasar Bambaru juga harus jadi icon Adipura Kota Palu. Harus bersih, rapi, tertib dan nyaman. Semua unsur itu harus terpenuhi dengan baik,” ucapnya.

Peresmian Pasar Bambaru ditandai dengan penekanan tombol sirine dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Wali Kota Hadi.

Turut hadir, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, para pimpinan OPD, serta unsur Forkopimda Kota Palu.

Sebagai tambahan, Pasar Bambaru di Kelurahan Baru Kecamatan Palu Barat merupakan pasar tertua di Kota Palu. Pasar itu sudah berdiri sejak Palu masih dalam wilayah adminstrasi Kabupten .

Revitalisasi Pasar Modern Bambaru dimulai pada akhir 2022 dengan menelan anggaran Rp12 miliar. HGA