RAYA – Sebanyak empat nama calon anggota Provinsi Sulawesi Tengah periode 2023-2028 dinyatakan lolos Tes Kesehatan dan Tes Wawancara. Hal itu berdasarkan pengumuman dari Tim Seleksi (Timsel) dengan nomor 016/Timsel.Bawaslu-ST/06/2023.

Empat calon anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah yang lolos seleksi adalah Dewi Tisnawaty, Fadlan, Naharuddin, dan Steny Mariny Pettalolo.

Ketua Timsel, Dr. Mohammad Tavip, SH., MH, menyatakan empat nama itu akan diserahkan kepada Bawaslu RI, untuk mengikuti proses Fit And Proper Test. Nantinya Bawaslu RI hanya akan menetapkan dua nama untuk dilantik sebagai anggota Bawaslu Sulteng Periode 2023-2028. Dua nama yang terpilih untuk melengkapi komposisi tiga Komisioner yang sudah bekerja saat ini.

“Calon anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah yang dinyatakan lulus, akan melanjutkan tahap uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan oleh Bawaslu. Bagi masyarakat yang memiliki tanggapan tertulis terhadap calon anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, diharapkan untuk mengirimkannya kepada Ketua Bawaslu dengan jaminan kerahasiaan identitas pelapor,” jelas Mohammad Tavip.

Pengumuman timsel ditetapkan pada hari Rabu, 14 Juni 2023 oleh Tim Seleksi yang terdiri dari Dr. Mohammad Tavip, SH., MH, Dr. Intam Kurnia, M.Si, Rusmawaty BTE Rusdin, S.Sos, MA, Dr. Nurhayati, SH., MH, dan Supriyadi, SH., M.H.

Seperti diketahui, empat nama yang lolos, semuanya merupakan penyelenggara Pemilu. Naharuddin merupakan mantan Anggota Sulteng dua periode, sementara Fadlan merupakan Ketua Bawaslu . Adapun Dewi Tisnawaty merupakan Anggota Bawaslu dan Steny Mariny Pettalolo saat ini masih menjabat sebagai Ketua Bawaslu Sigi. WAN