SULTENG RAYA – Dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan di wilayah Kota serta menjelang hari raya Idul Adha 1444 H, satuan tugas (Satgas) Pangan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah () Kota Palu melaksanakan peninjauan dan pemantauan ke Pasar Manonda dan di sejumlah swalayan, Senin (12/6/2023).

Peninjauan tersebut dipimpin Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Palu, Zulkifli didampingi Kabag Perekonomian Kota Palu, Rahmat Mustafa serta TPID lainnya.

“Pemantauan ini dilakukan guna memastikan ketersediaan kebutuhan pokok, stabilitas pasokan dan harga pangan jelang Hari Raya Idul Adha,” kata Kadis Zulkifli.

Ia berharap, ketersediaan bahan pokok, harga dan jumlah pasokan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat jelang Idul Adha.

“Diharapkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya secukupnya saja dan tidak terlalu berlebihan,” pesannya.

Pada pemantauan tersebut, Satgas Pangan dan TPID memastikan barang-barang di pasar dijual dengan harga wajar dan tidak terjadi kenaikan harga jelang Idul Adha.

“Dari hasil pemantauan tim, belum ada kita temukan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok, baik di pasar maupun di beberapa swalayan yang kita kunjungi,” ucapnya.

Adapun ritel moder yang sempat dikunjungi Satgas Pangan dan TPID Kota Palu diantaranya, Palu Mitra Utama (PMU) Palu, Bumi Nyiur Swalayan (BNS) dan Carrefour.HGA