RAYA-PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) yang berada di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Kabupatan Morowali merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan smelter pengolahan hasil penambangan nickel.

Saat ini perusahaan tersebut masih melakukan pengerjaan kontruksi di kawasan industry, kehadiran perusahaan itu benyak memberikan dampak positif bagi warga Bungku Barat, dan desa lingkar perusahaan karena menjadi karyawan di perusahaan tersebut.
Tidak dipungkiri kehadiran perusahaan PT BTIIG di Morowali telah membawa perubahan ekonomi yang sangat signifikan di tengah masyarakat.

Namun disisi lain adanya perusahaan juga banyak hal yang akan menjadi sumber permasalahan baik itu ancaman gangguan keamanan maupun dampak lingkungan yang mungkin dapat terjadi kedepan, sehingga dalam hal ini peran pemerintah daerah, Kepolisian, perusahaan, tokoh masyarakat dan pemuda maupun elemen masyarakat lainnya dapat bersinergi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dalam hal ini Moh. Rizal mengajak seluruh masyarakat khususnya di Bungku Barat dan Morowali dapat menjaga situasi keamanan di wilayah Morowali.

Katanya, jika terjadi persoalan upayakan diselesaikan dengan komunikasi, sehingga dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat di Morowali.

Disamping itu, juga diharapkan ke depan agar perusahaan dapat lebih memperhatikan warga desa lingkar perusahaan baik itu melalui prioritas rekrutmen karyawan, BUMDES maupun pelaksanaan program dana , sehingga kehadiran perusahaan dapat dirasakan untuk kesejahteraan warga setempat.
“Perusahaan juga tentu sangat diharapkan memberikan perhatian khusus kepada warga dan desa di sekitar lingkar perusahaan itu, sehingga baik sama-sama tumbuh ekonominya,”harap Moh. Rizal, melalui rilis di kirim ke media ini, Senin (12/6/2023). *ENG