RAYA –  Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( RI), Hasyim Asy'ari, meresmikan Kantor yang beralamat di Jalan Balai Kota Selatan, Senin siang (5/6/2023).

Acara peresmian dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno, anggota KPU RI Idham Kholik, August Mellaz, Mochammad Afifuddin, Parsadan Harahap, dan Yulianto Sudrajat. Hadir juga anggota KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum () Sulteng serta Wali Kota , . Para perwakilan dari partai politik (Parpol) serta Anggota KPU Kabupaten se- Sulteng juga turut hadir dalam acara ini.

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid, dalam sambutannya mengatakan pembangunan Kantor KPU Palu melalui proses yang panjang.  Sebelumnya, gedung lama yang digunakan merupakan fasilitas pinjam pakai sejak tahun 2004 hingga 2018.

Pada tahun 2018, kantor dihibahkan oleh . Kemudian pada tahun 2022, Pembangunan kantor tiga lantai ini mulai dibangun bulan Juli 2022 dan selesai pada bulan Desember 2022.

Agussalim Wahid mengungkapkan, Pembangunan Kantor KPU Palu merupakan wujud dari janji Wali , Hadianto Rasyid usai ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih.  Hal itu kemudian direalisasikan, sebagai wujud dukungan bagi kehidupan demokrasi di Kota Palu.

“Kami berharap dengan adanya kantor ini, menambah semangat kami, meningkatkan pelayanan KPU Kota Palu dengan tetap memperhatikan sikap kemandirian, integritas dan juga independensinya,”jelas Agussalim wahid.

Sementara itu, Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid mengatakan pembangunan kantor KPU sebagai bentuk dukungan bagi kehidupan demokrasi. Kantor KPU yang baru  akan menjaga wibawa KPU. Hadianto berharap KPU semakin mampu mewujudkan kewibawaannya serta menunjukkan profesionalitasnya dalam bekerja, sehingga mewujudkan kondusivitas demokrasi di Kota Palu.

“Saya dan masyarakat Kota Palu berharap kondusivitas ini tetap terjaga,”jelas Wali Kota Hadianto Rasyid.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari berharap, dengan adanya kantor yang baru, KPU Kota Palu semakin meningkatkan kualitas layanan bagi pemilih dan peserta pemilu.

“Tampilan fisik akan memacu kita untuk meningkatkan kualitas layanan kepemiluan, baik itu Pemilu nasional maupun Pilkada gubernur dan wali kota,”jelas   Hasyim Asy'ari.

Peresmian Kantor KPU Kota Palu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan di seluruh area  gedung KPU Kota Palu. WAN