RAYA – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum () , Fery, turut menghadiri dan menjadi salah satu Narasumber pada kegiatan Gerakan Cerdas Memilih (GCM) yang diselenggarakan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) , Rabu (31/5/2023). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara RRI Palu, Bawaslu, dan Komisi Pemilihan Umum ().

Dalam kesempatan tersebut, Fery dari Bawaslu Kota Palu menyampaikan pentingnya partisipasi aktif pemilih pemula dalam melakukan pengawasan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam proses pemilihan umum.

“Momentum kegiatan Gerakan Cerdas Memilih ini merupakan kesempatan bagi pemilih pemula untuk belajar dan terlibat secara aktif dalam pengawasan Pemilu. Kami berharap dengan adanya kesadaran yang tinggi dalam melakukan pengawasan partisipatif, kita dapat mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu yang merugikan proses demokrasi,” ungkap Fery.

Selama ini, terdapat kalimat yang populer di masyarakat yaitu “Ambil uangnya, jangan pilih orangnya.” Namun, Fery menegaskan bahwa kalimat tersebut salah dan kontraproduktif dengan pemilihan umum yang cerdas dan berkualitas. Ia menekankan bahwa pemilih seharusnya menolak tawaran uang atau hadiah dalam proses pemilihan dan melaporkan pelaku tersebut kepada pihak berwenang. “Yang benar adalah Tolak uangnya, laporkan orangnya,” tandasnya.

Pada kesempatan itu juga dihadiri anggota Bawaslu provinsi Sulteng Nasrun, Ketua Agussalim Wahid, Ketua KPID Sulteng Indra Yosvidar, Ketua PGRI Sulteng Syam Zaini, Wakapolresta Palu, Akademisi, dan Anggota DPRD Provinsi Sulteng.

Sejumlah Ormas, pelajar, dan juga turut hadir pada GCM yang dipusatkan di Taman GOR Kota Palu tersebut. *WAN