RAYA – Harus diakui, salah satu teknik paling sulit adalah pengereman.

Bahkan, beberapa orang yang sudah memiliki keahlian di dalam berkendara menggunakan sepeda pun mengakui pengereman adalah salah satu teknik berkendara dengan sepeda motor paling sulit.

Sebagai contoh, pembalap sekelas MotoGP pun juga pastinya menyadari, teknik pengereman adalah salah satu teknik paling sulit dalam berkendara. 

Selain pembalap,ada juga praktisi dan juga instructor safety riding seringkali mengatakan, pengereman adalah hal teknik paling penting dalam berkendara.

Banyak orang masih belum menyadari teknik pengereman baik dan benar. Banyak orang menganggap pengereman hanya dilakukan secara sembarang tanpa adanya teknik yang baik dan benar. 

Nah, pada kali ini kita mencoba membedah teknik pengereman baik dan benar, sehingga para pengendara bisa meningkatkan keselamatan berkendara dengan menggunakan teknik pengereman yang baik dan benar.

Ada fitur-fitur rem ABS dan lainnya yang dikembangkan sepeda motor Honda membantu proses pengereman lebih maksimal serta lebih aman. 

Berikut teknik pengereman yang baik dan benar di kecepatan yang tinggi.

CEK KONDISI SEKITAR

Ketika hendak melakukan pengereman sangat jarang pengendara memperhatikan keadaan sekitar , padahal keadaan sekitar harusnya tetap diperhatikan.

“Sebagai contoh,biasanya pengendara sepeda motor seharusnya melihat spion terlebih dahulu sebelum melakukan pengereman. Mengecek kondisi sekitar saat melakukan pengereman juga sangat berguna mencegah terjadinya kecelakaan beruntun yang kerap terjadi di jalan raya,” kata Team Safety Riding Honda Anugerah Perdana (AP), Yusman, Selasa (30/5/2023).

BANTUAN ENGINE BRAKE

Khusus untuk sepeda motor manual ada yang namanya‘engine brake' yang sangat berguna membantu proses pengereman.

Beberapa orang sangat jarang menggunakan fitur itu. Cara kerja engine brake adalah ketika melepas gas dan memindahkan gigi kelebih rendah. Terutama untuk sepeda motor memiliki kopling ,sangat penting.

Beberapa kesalahan adalah dengan menekan tuas kopling, dengan menekan tuas kopling tentunya laju kendaraan tidak akan terbantu dengan engine brake.

Ada baiknya jika ingin melakukan pengereman adalah jangan menekan gas dan kopling. Dengan begitu, pengendara bakal terbantu dengan engine brake. Tapi harus diperhatikan juga saat menggunakan sepeda motor matic, karena engine brake ada di sekitar rpm 2000 rpm, agar memiliki engine brake.

“Jadi jika posisi jalan menurun sebaiknya agak digas sedikit,sampai bantuan engine brake bisa muncul di sekitar 2000 rpm tersebut,” ucapnya.

JANGAN PERNAH MENGERAM SAAT KEADAAN SEPEDA MOTOR OLENG

Teknik pengereman satu ini sangat sulit memang jika berada di kecepatan tinggi. Nah, saat melakukan pengereman, ada baiknya pengendara memperhatikan kestabilan sepeda motor saat akan melakukan pengereman.

Pastikan selalu melakukan pengereman dalam kondisi stabil. Dalam kondisi stabil akan lebih mudah mengendalikan laju sepeda motor.

Hal itu akan berbahaya ketika kita sedang tidak berada di dalam kondisi stabil, sehingga akan kesulitan mengendalikan sepeda motor.

“Biasanya ,dalam kecepatan tinggi, baiknya tidak melakukan pengereman mendadak. Selalu perhatikan jarak pengereman yang dimulai dengan menurunkan tarikan gas, menarik tuas rem depan dengan 4 jari secara perlahan perlahan dikombinasikan dengan menginjak rem belakang,” katanya.

PENGEREMAN YANG BAIK DENGAN MENEKAN REM SECARA PERLAHAN

Seringnya terjadi kecelakaan adalah tidak sengaja menekan dengan keras rem depan atau belakang yang terjadi karena panik.

Cara melakukan pengereman adalah dengan cara menekannya berlahan, sehingga sepeda motor bisa berhenti secara berlahan dan tidak mendadak.

“Tetap patuhi aturan lalu lintas Sebagai pengendara yang bijak tetap patuh dan taat aturan lalu lintas,” peasn Yusman.

Nah, itu dia beberapa teknik pengereman sepeda motor pada saat kecepatan tinggi yang bisa diterapkan, agar lebih aman dalam berkendara. Tapi ingat, berkendara dengan menggunakan sepeda motor tidak perlu dengan kecepatan tinggi,tapi yang perlu diperhatikan adalah keselamatan.

“Semoga dengan upaya kami memberikan tips keselamatan kepada seluruh masyarakat Sulawesi tengah, dapat membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan pengetahuan tentang berkendara yang aman dalam aktivitas berkendara sehari-hari utamanya saat mudik . Jangan lupa Pakai Helm & Jaketmu #Cari_Aman Saat Naik Motor Honda,” tutur Yusman.*/YAN