SULTENG RAYA-Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI menyelenggarakan sosialisasi Lembaga Akreditasi (LAM) Teknik untuk beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah Sulawesi Tengah.

Acara tersebut diadakan di Gedung Aula Rektorat Universitas Muhammadiyah () pada Jumat (26/5/2023).

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM foto bersama dengan para narasumber dan peserta Sosialisasi LAM Teknik. Foto: Amiluddin

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM saat membuka kegiatan itu mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah XVI Munawir Sadzali Razak, S.Ip. M.A mengatakan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik memang tergolong hal yang baru khususnya PTS, karena selama ini saat melakukan akreditasi baik untuk institusi maupun untuk prodi hanya melalui BAN-PT.

Namun atas regulasi yang baru, kini telah hadir lembaga lain yakni LAM, sebagai lembaga akreditasi. Untuk itu, momentum ini dinilai sebagai kesempatan yang baik untuk mendapatkan sosialisasi yang diprakarsai oleh LLDIKTI wilayah XVI.

Sosialisasi tersebut kata Prof Rajindra, tidak hanya sampai di situ,  namun bisa berlanjut melalui kegiatan-kegiatan lainnya. Bisa melalui inisiatif masing-masing perguruan tinggi atau secara kolektif, agar lebih sempurna lagi pemahaman terkait LAM Teknik tersebut.

Untuk Unismuh Palu sendiri katanya, ini baru pertama kali dilakukan, dimana sebelum-sebelumnya hanya melalui BAN-PT. Kemungkinan 2024 atau 2025 baru bisa masuk ke LAM Teknik itu.

Untuk itu, Prof Rajindra berharap seluruh peserta bisa lebih fokus dan memperhatikan materi demi materi, agar Sulawesi Tengah tidak ketinggalan dari daerah-daerah lainnya, khususnya masalah akreditasi.

Karena jika akreditasi prodi-prodi yang ada di Sulawesi Tengah masih dibawah dari daerah-daerah lain, maka mehasiswa di daerah ini  dipastikan akan lari ke Makassar atau ke Jogjakarta, karena di sana lebih unggul dari Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Tengah.

“Karena sudah melihat dari sisi itu (akreditasi) dan mudah mereka ketahui, begitu juga dengan SDM tenaga dosennya, ini tantangan kita dan harus segera ditangani,”sebut Prof Rajindra.

Sekadar diketahui, PTS yang memiliki Fakultas Tekniknya saat ini tercatat Enam PTS, yakni Unismuh Palu, Universitas Sintuvu Maroso Poso, Unismuh Luwuk, Universitas Tombotika Luwuk, Universitas Madako Tolitoli, dan Politeknik Palu. Semnetara untuk PTN yakni Untad Palu.

Dalam acara tersebut, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT., IPU., . Eng., selaku narasumber menyampaikan bahwa sosialisasi itu  bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada program studi di bidang teknik mengenai Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Melalui kerjasama antara LAM Teknik dan LLDIKTI di seluruh Indonesia, diharapkan program studi di bidang teknik yang sudah terakreditasi dapat memahami instrumen yang berbeda dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan lembaga akreditasi lainnya.

“Saat ini, terdapat beberapa LAM yang berkaitan dengan bidang teknik, seperti LAM Infokom, LAM Kesehatan, dan LAM Teknik. Khususnya LAM Teknik, akan melaksanakan akreditasi program studi yang telah dipersiapkan sejak tahun lalu,”sebutnya. ENG