RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) bakal menggelar lomba bertutur tingkat SD/Mi dan lomba menulis Cerita Pendek (Cerpen) tingkat SMP/Mts pada 8 Juni 2023.

Kepala Disperpusip Kota , Syamsul Saifudin, mengatakan, tahun ini, pihaknya mengusung tema lomba menulis ‘kepedulian terhadap sampah' dengan sub topic ‘menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan dengan sampah'.

“Tema yang diusung tersebut, merupakan salah satu cara Disperpusip dalam rangka menanamkan kepedulian peserta didik terhadap kebersihan lingkungan sejak dini,” kata Kadis Syamsul, Senin (22/5/2023).

Para peserta, kata dia, diberikan waktu selama dua jam untuk menyelesaikan tulisannya.

“Kriteria penilaian lomba menulis, mulai dari isi tulisan, alur tulisan, tata naskah dan tata bahasa,” katanya.

Sementara itu, syarat dari lomba bertutur tingkat SD/Mi antara lain, murid SD/Mi pada saat pendaftaran di tingkat kota masih duduk di bangku kelas empat.

“Berasal dari sekolah negeri maupun swasta yang memiliki perpustakaan, serta memiliki pengalaman membaca secara baik,” ucapnya.

Kriteria penilaian, yakni penampilan peserta dalam bertutur, cara atau teknik bertutur, penguasaan materi, kemampuan bertutur dan penguasaan panggung atau area tampil yang ditentukan oleh sekolah masing-masing.

“Sedangkan untuk lomba menulis cerpen tingkat SMP/Mts, yakni setiap sekolah mengirimkan satu orang utusan, penulis hanya dapat menyerahkan satu karya tulisan dan tulisan merupakan karya orisinil yang menggambarkan latar belakang atau tema yang sudah ditetapkan oleh pihak penyelenggara lomba,” tuturnya.ULU