RAYA – Kota berhasil meraih gelar sebagai Kota II se-Indonesia dalam Anugerah Pembangunan Daerah (PPD) 2023 Kementerian Perencanaan Pembanguan Nasioanl/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/)Bappenas RI.

unggul dari Kota Semarang sebagai Kota Terbaik III se-Indonesia. Sementara Kota Terbaik I berhasil diraih Kota Sukabumi.

PPD 2023 tersebut diumumkan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 di Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Wakil Wali Kota Palu, dr Reny A Lamadjido, didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, dan Kepala Bappeda Kota Palu, Arfan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat, sehingga Kota Palu dapat meraih gelar tersebut.

“Kami merasa bersyukur serta memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, sehingga Kota Palu jadi Kota Terbaik II se-Indonesia,” kata Wawali Reny.

Sementara itu, provinsi terbaik berhasil diraih oleh Jawa Tengah sebagai Provinsi Terbaik I, Sumatera Selatan sebagai Provinsi Terbaik II, dan Jawa Barat sebagai Provinsi Terbaik III.

Sedangkan untuk kabupaten terbaik berhasil diraih Kabupaten Temanggung sebagai Kabupaten Terbaik I, Kabupaten Aceh Barat sebagai Kabupaten Terbaik II, dan Kabupaten Garut sebagai Kabupaten Terbaik III.

Penghargaan ini diberikan Kementerian PPN/Bappenas kepada pemerintah daerah atas menghasilkan perencanaan yang berkualitas, pencapaian target-target pembangunan daerah, juga inovasi pembangunan yang telah dilakukan.

Musrenbangnas RKP 2024 tersebut dibuka langsung Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin didampingi Menteri PPN/Bappenas RI, dan pejabat lainnya.

Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya memberikan apresias kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih Anugerah PPD tahun 2023.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang memperoleh Penghargaan Pembangunan Daerah,” katanya.

Ia mengharapkan agar pemerintah daerah yang berhasil tersebut dapat terus meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah.

Peningkatan keterpaduan pelaksanaan pusat dan daerah ini, katanya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan inovasi pembangunan demi mendukung transformasi yang inklusif dan berkesinambungan.

Dalam kesempatan ini, Kementerian PPN/Bappenas RI hanya mengumumkan daerah-daerah terbaik se-Indonesia, sementara untuk penyerahan plakat Anugerah PPD 2023 akan dijadwalkan nanti.*/HGA