RAYA – Hazura Indar Faradiba telah malang melintang dalam dunia literasi, di kota tempatnya bermukim, Sorowako, Luwu Timur.

Sorowako dikenal sebagai kota tempat beroperasinya pertambangan yang dijalankan oleh PT Indonesia Tbk.

Diba, panggilan akrabnya, tak hanya senang membaca buku. Ketua OSIS SMA Sekolah Murid Merdeka (SMM) ini juga senang dengan kegiatan turunan yang melibatkan literasi: menulis, berdiskusi serta bermusik.

Diba, yang juga menjadi pada Ubud Writers and Readers Festival 2022 lalu ingin membawa kegemarannya dalam dunia literasi dan menginspirasi lingkungan sekitarnya di Sorowako.

“Menurut UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia berada pada 60 dari 61 negara. Selain itu, untuk konteks di daerah, saya melihat koleksi perpustakaannya harus menarik dan relevan dengan minat masyarakat, khususnya anak muda,” ungkap Diba, Kamis (11/5/2023).

Sejak menjadi Duta Literasi Sorowako, Diba mulai melakukan aksi sebagai respon dari keresahannya tersebut. Bersama rekan-rekannya, Diba menjalankan komunitas yang dinamai Sorowako Literasi. Lewat komunitas ini, Diba cs membuat gebrakan pada tahun 2023 dengan memulai Sorowako Readers and Writers Festival () 2023.

“SRWF 2023 ini adalah langkah awal untuk membuat perubahan, setidaknya mulai dari Sorowako. Saya yakin, perubahan besar harus selalu dimulai dari gerakan-gerakan yang kecil. Saya juga yakin, semua orang tahu ada kesenjangan dari minat baca dengan sarana dan dorongan yang ada. Namun tidak banyak yang berani bergerak dan melakukan perubahan,” lanjutnya.

SRWF 2023 akan berlangsung selama dua hari, Jumat dan Sabtu (11-12/5/2023) di Dato Tamara, Sorowako. Hari pertama akan diisi Workshop menulis mulai Pukul 16.00 WITA. Sementara, Hari kedua akan diisi lebih banyak acara mulai Pukul 14.00 WITA, mulai dari penampilan musik, rangkaian Talkshow, dan Workshop Literasi Musik.

Jajaran narasumber dalam talkshow rangkaian SRWF hari kedua, yakni Penulis serta Seniman musik dan puisi Reda Gaudiamo, Pengembang Program Matematika SMM Nadia Cassinie, Akademisi Hesti Wulandari, Musisi dan Komposer asal Sorowako Agus Puka, dan Diba sendiri.

Tak hanya mengundang partisipasi rekan-rekannya melalui komunitas, Diba dan tim SRWF 2023 juga melakukan kampanye keliling instansi hingga sekolah. Pada rangkaian pre-event, Diba sempat melakukan diskusi dengan pihak pemerintahan setempat, dan roadshow ke SMP YPS Singkole dan TK Sorowako.*/RHT