SULTENG RAYA – Industri makanan siap saji Indonesia, PT Halalan Thayyiban Indonesia untuk kali pertama melakukan ekspor konsumsi jemaah Indonesia 1444H/2023M ke Arab Saudi, Jumat (14/4/2023).

Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, ikut melepas ekspor perdana makanan siap saji yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk (HATI) ke Arab Saudi. 

Prosesi pelepasan satu kontainer produk makanan siap saji alias meals ready to eat itu ditandai dengan pengguntingan pita di Showroom MakanKu, Jalan A Yani, No 224, Gumpang Lor, Pabelan, Kartasura.

Menag Yaqut mengatakan, selaku Pemerintah, Kementerian Agama mendukung yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia dalam ekspor perdana makanan siap sajinya ke Arab Saudi. 

“Ini merupakan terobosan penting, mengingat selama ini konsumsi untuk jemaah haji Indonesia bukan kita yang menyediakan melainkan Arab Saudi dan ini harus kita dukung,” kata Menag Yaqut.

“Upaya yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia sangat bagus sekali dalam mendorong produk makanan siap saji Indonesia masuk ke Arab Saudi. Yang paling penting menciptakan ekosistem ekonomi perhajian yang banyak melibatkan peternak, petani, dan masyarakat lainnya,” sambung Gus Men,  panggilan akrab Menag Yaqut.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan ibadah haji, Indonesia setidaknya mengeluarkan total biaya sekitar Rp18 triliun lebih yang selama ini habis di Arab Saudi. 

“Saya kira PT Halalan Thayyiban Indonesia ini memulai (agar) dana haji yang sebagian habis di sana bisa kembali ke Indonesia. Mudah-mudahan ini semakin berkembang dan diikuti oleh pengusaha lainnya sehingga dana yang kembali ke Indonesia bisa lebih banyak,” tandas Gus Men. 

Sebagai tambahan, PT Halalan Thayyiban Indonesia, Tbk., merupakan perusahaan bergerak di bidang industri makanan kemasan siap saji yang dapat bertahan hingga 1 tahun pada suhu ruangan tanpa bahan pengawet yang dikenal dengan ‘MakanKu'. Halalan Thayyiban MakanKu mengusung tagline Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini.

HATI juga telah mendapatkan Purchase Order (PO) dari Mutowifs Pilgrims for South East Asian Countries Company (MPSEA) untuk memenuhi kebutuhan makanan jemaah haji Indonesia. Perusahaan ini mendapat pesanan 1.275.000 porsi makanan kemasan siap saji.

Hadir mendampingi Menag, Staf Khusus, Wibowo Prasetyo, Kakanwil Jawa Tengah, Mustain Ahmad, Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq dan Sesmenag Sidik Sisdiyanto.

Selain itu, turut hadir, Utama PT Halalan Thayyiban Indonesia, Puspo Wardoyo, Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Sekjen PBNU, Syafullah Yusuf, Ketua BPKH, Fadlun Imansyah, Kepala RI, Noor Achmad, PT HATI Tbk., Sugiri dan perwakilan lembaga lainnya. */HGA