SULTENG RAYA – Pasca diresmikannya taman budaya Hasan M Bahasyuan, Bupati Parigi Moutong (Parmout), Samsurizal Tombolotutu meminta agar para pelaku seni mengangkat kembali dan memperkenalkan karya-karya Hasan M Bahasyuan kepada masyarakat.

Salah satunya melalui iven Festival Teluk Tomini (FTT) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati saat pada pertemuan dengan Hasan Bahasyuan Institute (HBI) dan akademi Universitas Tadulako (Untad) di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Rabu (12/4/2023).

Dalam pertemuan tersebut, selain membahas soal kesiapan dan langkah awal serta tahapan apa saja yang akan dilakukan untuk pelaksanaan FTT, pertemuan tersebut juga membahas kegiatan-kegiatan seni yang akan dilaksanakan di taman Hasan M Bahasyuan.

“Saya harap Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan segera merancang kegiatan Festival Teluk Tomini untuk mengisi kegiatan seni di taman Hasan Bahasyuan,” pinta Bupati.

Bupati Samsurizal menginginkan agar randown acara kegiatan itu juga dilaksanakan malam amal karya Hasan M Bahasyuan.  Karenanya, Bupati sangat membutuhkan kreativitas para pengiat seni yang ada di Kabupaten Parmout di Kota Parigi untuk terlibat bersama Pemda Parmout membuat kegiatan maha karya Hasan Bahasyuan dengan melibatkan Hasan Bahasyuan Institute dan Untad Palu.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Neni Muhidin, Zulfikar Usman dari Hasan Bahasyuan Institut, Moh Syafei dari Untad, keluarga besar Hasan Bahasyuan, pimpinan perbankan, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, komunitas seni dan budaya serta pekerja seni di Parigi. */AJI