RAYA – Peristiwa kebakaran kembali terjadi. Kali ini, peristiwa nahas tersebut menghanguskan kandang ayam, sarang burung walet hingga empat petak kos, di Jalan Garuda, Kelurahan Birobuli Utara, Kamis (13/4/2023).

“Menurut , api tiba-tiba membesar dari kandang ayam dan cepat merembes ke sarang burung walet dan empat petak kos, hal ini dikarenakan cuaca cukup terik dan angin yang cukup kencang,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota , Yohan Wahyudi.

Menurutnya, informasi kebakaran didapatkan pihak Disdamkarmat dari warga kebetulan melintas di lokasi terjadi kebakaran tersebut.

“Disdamkarmat, mulai beroperasi memadamkan api pada pukul 12.10 Wita dan berhasil menyelesaikan pemadaman pada pukul 13.50 Wita. Untuk, pemadaman diturunkan sebanyak empat unit dan 40 personil,” jelasnya.

Sementara itu, untuk penyebab kebakaran belum diketahui dan masih diselidiki pihak berwajib. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta .

“Pasca kejadian tadi, selanjutnya akan diturunkan tim investigasi dulu dan menunggu hasil investigasinya, baru bisa ditaksir kerugian,” ucapnya.

Ia mengatakan, dalam menyikapi kondisi cuaca di wilayah Kota Palu yang sering berubah dan terkait dengan upaya pencegahan terjadinya bahaya kebakaran di lingkungan masyarakat, tentunya Disdamkarmat Kota Palu mengimbau agar masyarakat dapat waspada dan lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan masyarakat, kata dia, pertama,

tidak lagi memusnakan sampah di lingkungan tempat tinggal dengan cara

dibakar, sebab dengan pertimbangan kondisi cuaca yang panas dan tingginya kecepatan angin, dapat mempermudah persebaran titik pembakaran akibat berterbangannya bara api.

Kedua, segera benahi instalasi listrik di rumah maupun lokasi-lokasi perkantoran dan gunakanlah standar penataan instalasi listrik yang sesuai dengan aturan. Ketiga, jika hendak berpergian baik itu dalam waktu sebentar maupun dalam waktu lama, diharapkan sebelumnya untuk melakukan pengecekan serta memastikan kembali bahwa seluruh peralatan elektronik yang ada di rumah aman.

“Jika hendak berpergian, pastikan melakukan pengecekan dan memastikan kembali seluruh peralatan elektronik di rumah aman, seperti lampu, kompor listrik, setrika, mesin pompa air, televisi, radio, AC dan lainnya yang terhubung dengan saklar listrik, memang benar-benar telah diputuskan dari sambungan elektriknya atau dicabut dari saklar,” imbaunya.

Keempat, simpanlah alat pematik api di rumah anda pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak atau orang yang berkebutuhan khusus, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait bahaya kebakaran. Kelima,

hindari penggunaan petasan, mercon atau kembang api di lingkungan rumah, lingkungan padat penduduk atau tempat yang di dalamnya terdapat bahan atau barang yang mudah terbakar.

Keenam, jika terjadi peristiwa kebakaran di lingkungan tempat tinggal, maka dahulukan untuk menyelamatkan diri kemudian sesegera mungkin menghubungi call center Disdamkarmat Kota Palu.

“Masyarakat dapat menghubungi call center atau emergency call di nomor

 (0451) 423113 dan 082188232113,” sebutnya.ULU