SULTENG RAYA – Kota berhasil meraih peringkat II dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah 2023.

Penghargaan tersebut diterima Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr Husaema, pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sulteng 2024 di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (11/4/2023).

Peringkat I PPD tingkat Sulteng 2023 berhasil diraih Kabupaten Poso. Sementara peringkat III ditempati Kabupaten Banggai dan peringkat IV diraih .

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir, menyampaikan, penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2024, sangatlah penting.

“Artinya dalam pertahapan sistem perencanaan daerah, untuk menyamakan persepsi serta menyatukan pandangan tentang banyak hal menyangkut urusan-urusan pemerintahan dan juga pembangunan secara luas,” katanya.

Dengan begitu, kata Wagub Ma'mun, prioritas pembangunan di tingkat daerah dapat bersinergi dengan prioritas pembangunan nasional.

Ia memaparkan, arah kebijakan pembangunan daerah Sulteng 2024, diarahkan pada upaya mengatasi berbagai isu-isu strategis pembangunan daerah.

Antara lain, kata dia, sumber daya manusia yang berdaya saing, nilai tambah dan produktivitas sektor unggulan daerah, konektivitas infrastruktur wilayah, dan , ketahanan bencana, perubahan iklim dan daya dukung lingkungan, serta reformasi birokrasi.

“Isu-isu tersebut telah selaras dengan isu nasional dan isu regional wilayah Provinsi Sulawesi Tengah,” ungkap Wagub Ma'mun.HGA