SULTENG RAYA- Pengurus Pusat (PP) Ikatan Keluarga Alumni Universitas Tadulako (IKA Untad) periode 2022 — 2027 menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) 2023, kegiatan yang bertemakan “Tadulako untuk Indonesia” tersebut digelar di salah satu hotel di Kota , pada Sabtu (8/4/2023).
Pada kesempatan itu, Ketua Umum IKA Untad, Ahmad M Ali dalam sambutannya mengatakan, agenda rakernas tersebut bukan sekedar ajang untuk mengugurkan kewajiban dan ajang seremonial semata, tetapi dirinya berharap agar agenda tersebut para Alumni dapat berkontribusi bagi institusinya dan bagi pembangunan daerah di Sulteng.
“Paling tidak ada tiga hal yang saya harapkan dalam forum ini, pertama IKA dapat memberikan manfaat bagi anggotanya, kedua IKA bisa berguna untuk universitasnya, ketiga IKA bisa berkontribusi untuk Sulteng,” katanya dalam sambutannya.
Selain itu kata dia, di bawah pimpinan Rektor Untad, Prof. Amar, dirinya optimis dapat menjalin kerjasama dan sinergitas yang baik, sehingga melalui kerjasama tersebut mereka dapat membawa Untad menjadi kampus yang besar dan mampu bersaing secara Nasional bahkan Global.
Sementara itu, Rektor Untad, Prof. Ir. Amar, ST., MT., IPU. Eng., dalam sambutannya mengatakan dirinya mengapresiasi terlaksananya kegiatan Rakernas tersebut, dirinya juga optimis dibawah pimpinannya sinergi antara Kampus dan Alumni terjalin dengan baik.
“Keberadaan Alumni sangat penting jika ingin melihat kesuksesan suatu institusi lihatlah bagaimana alumninya jika alumninya bagus maka institusinya akan semakin besar, dan hal itulah yang akan saya harapkan kedepannya melalui kerjasama yang terjalin baik,” kata Rektor.
Adapun dalam menjalankan kepengurusan 5 tahun mendatang, PP IKA Untad telah menyiapkan sejumlah program kerja. Pertama yaitu menyediakan kantor sebagai center of excellent. Kantor IKA Untad yang terletak di Jalan Setia Budi ini diharapkan dapat berfungsi untuk melayani alumni maupun masyarakat. Kedua adalah IKA Untad Govwrnance, yakni tata kelola administrasi dan organisasi, serta sebagai strategic partnership kampus Universitas Tadulako.
Keempat, IKA Untad juga akan membuat database dan , serta kartu bagi para alumni. Dan kelima IKA Untad akan membentuk usaha-usaha produktif, yayasan, job fair dan investment day lewat program IKA Untad Go Enterpreneurship.JAN