RAYA – Bhabinkamtibmas Polsek Bualemo, Aipda Romi A.Malik mengimbau warga yang bekerja sebagai nelayan dan yang beraktivitas di laut, agar mewaspadai cuaca ekstrem yang sering terjadi di laut.

Imbauan itu disampaikan Bhabinkamtibmas saat menyambangi warga binaannya di pantai Desa Samaku, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Jumat (31/3/2023).

Saat ini kata Bhabinkamtibmas, perubahan cuaca sering tidak menentu seperti angin kencang secara mendadak yang mengakibatkan gelombang ombak yang tinggi di laut.

Sementara, Kapolsek Bualemo, Iptu Rudi Dg Simbung mengatakan, kepada para warga yang sering beraktivitas di laut harus selalu waspada dan memantau perkembangan terkini prakiraan cuaca. “Selalu memeriksa kondisi armada, alat keselamatan dan melihat kondisi cuaca sebelum melaut,” imbaunya.

Jika mendapati cuaca buruk saat melaut lanjutnya, kami sarankan agar segera menepi ke daratan terdekat atau bersandar di pelabuhan terdekat demi keselamatan diri dan utamakan keselamatan saat melaut. “Sambang itu rutin dilakukan Bhabinkamtibmas ke lokasi-lokasi pinggiran pantai pemukiman penduduk secara berkelanjutan untuk menjaga keselamatan serta menjalin silaturahmi yang baik dengan masyarakat,” jelasnya. */MAN