RAYA – Selama , Seluruh umat muslim diharuskan berpuasa lebih dari 12 jam. Dengan kondisi ini, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak pula terpenuhi kebutuhan vitamin hariannya.
Saat berpuasa, aktivitas lainnya juga tetap dilakukan termasuk berkendara dengan . Hal ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kondisi fisik yang lebih prima dibandingkan saat tidak berpuasa. Kondisi sepeda juga mutlak diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

“Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, apalagi disaat kondisi tubuh sedang tidak fit karena sedang berpuasa. Istirahatlah yang cukup dan makan makanan bergizi saat sahur untuk menjaga tubuh tetap fit. Faktor eksternal seperti terburu-buru perlu dihindari dengan pemilihan jalan yang tepat. Kondisi kendaraan juga perlu diperiksa secara berkala,” kata Instruktur Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhamad Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (27/3/2023).
Berikut ini, beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama Ramadan agar tubuh senantiasa fit dan siap menjalani ibadah dan aktivitas berkendara;

Pola Makan Sahur yang baik
Sahur memiliki peran penting menjaga stamina tubuh. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayur, dan hindari makanan yang tinggi minyak, karena menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk.

Olahraga Ringan & Istirahat Cukup
Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting menjaga kebugaran tubuh. Olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu kondisi tubuh tetap bugar. Jangan lupakan juga untuk istirahat sejenak ditengah aktivitas yang padat.

Atur Kecepatan
Hindari berkendara dengan terburu-buru. Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa. Hindari jalur yang padat dan macet, lebih baik pulang lebih awal atau berbuka dulu diperjalan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Safety Gear & Cek Kondisi Motor
Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, gunakan sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket dan sarung tangan. Cek juga kondisi motor, kondisi ban baik dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip, saringan udara & cvt area tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok atau rusak. Lalu periksa kondisi rem harus baik atau pakem.

Istirahat Cukup Saat Berkendara Jarak Jauh
Saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat. Disarankan pengendara sudah bisa menentukan area berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan. Saat istirahat, pengendara bisa melakukan kembali pengecekan ringan agar motor siap digunakan kembali. HJ/RHT