RAYA – Merespon permintaan dari Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tolitoli, personel Kompi IV Batalyon A Pelopor Satbrimob menggelar aksi kemanusiaan donor darah sukarela, Rabu (15/3/2023).
Dalam kegiatan tersebut, sejumlah personel Brimob mendonorkan darah untuk membantu UDD PMI Tolitoli dalam mengantisipasi kekurangan stok darah dan memaksimalkan ketersediaan darah yang berkesinambungan selama bulan .
Dikutip dari pmikotasemarang.or.id, Donor Darah Sukarela (DDS) adalah orang yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Banyaknya DDS yang rutin donor darah, dapat memenuhi kebutuhan darah setiap hari. DDS membantu tersedianya darah sehat yang sudah siap diolah dan siap digunakan kapan pun. Hal ini tentu sangat membantu pasien yang membutuhkan darah.
Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendonor, PMI dan Pemerintah memberikan piagam kepada para DDS yang telah menyumbangkan darahnya diantaranya, penghargaan 10 kali dari PMI setempat, penghargaan 25 kali dari Bupati atau Walikota, penghargaan 50 kali dan 75 kali oleh Gubernur, serta penghargaan 100 kali oleh Presiden RI untuk menerima Satya Lancana Kebaktian .
Diketahui, kegiatan donor darah yang dimulai pada pagi hari hingga siang hari itu merupakan kegiatan yang pertama kali menjelang bulan suci Ramadan di wilayah Kabupaten Tolitoli.
Turut menjadi pendonor pada kegiatan itu, diantaranya Danki IV Batalyon A Pelopor, Iptu Irfendi Fibrianto, serta Wadanki IV Batalyon A Pelopor, Ipda M. Patri Rangkuti. “Kami memahami kebutuhan masyarakat akan kantong darah masih tinggi, ini terbukti dengan seringnya permintaan langsung oleh warga kepada kami terkait kebutuhan darah. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu UDD PMI Tolitoli dan warga yang membutuhkan,” ujar Iptu Irfendi Fibrianto.
“Kegiatan aksi kemanusiaan donor darah sukarela ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendonorkan darah,” tambahnya. */YAT