SULTENG RAYA  – Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura AIFO dinilai sebagai sosok pemimpin yang memiliki komitmen kuat dalam memajukan dunia olahraga di Provinsi Sulteng dengan berbagai prestasi gemilang yang ditorehkan oleh para atlet.

Memajukan prestasi keolahragaan daerah harus diwujudkan, karena Rusdy Mastura mengemban amanat sebagai salah satu Gubernur di Indonesia yang menerima penganugerahan Golden Award dari Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat dengan kategori Darma Bakti Olahraga.

Upaya dan langkah nyata ini terwujud karena terbangunnya sinergitas dengan KONI Sulteng. Berbagai terobosan yang dilakukan KONI dalam upaya pengembangan olahraga bahkan saat ini melalui IPTEK dan sport science. Ini upaya mengembangkan performa tinggi atlet khususnya fisik, teknik, taktik dan psikis.

“Sport science adalah disiplin ilmu yang mempelajari penerapan dari prinsip-prinsip sains dan teknik-teknik yang bertujuan untuk menigkatkan prestasi olahraga,” kata Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu, S.Sos., AIFO, Jumat (10/3/2023).

Menurut Nizar, meski KONI minim dalam hal ketersediaan anggaran, namun tidak menyurutkan niat dan langkah KONI untuk terus memajukan olahraga.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Gubernur, raihan prestasi ditorehkan atlet-atlet Sulteng. Bahkan sejarah baru banyak tercipta,” ujarnya.

Oleh karennya, orang nomor satu di Provinsi seribu Megalit itu akan terus mendukung dan mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng untuk terus mengoptimalkan programnya. Salah satunya program Sulteng Emas menuju ajang multi event PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

Menariknya, komitmen Gubernur dan Ketum KONI saat ini, selain terus menggelorakan olahraga, program olahraga masuk desa dan menggelar berbagai event olahraga tak henti-hentinya digelar. Bahkan di Kabupaten Parigi Moutong, olahraga telah masuk dalam kurikulum belajar atau muatan lokal.

“Saya berharap program ini sedianya juga dapat di ikuti oleh Kabupaten lain di Sulteng, ” kata Nizar.

Di ajang kualifikasi PON Jatim Open 2023, yang berlangsung sejak tanggal 7 hingga 9 Maret 2023, atlet-atlet atletik Sulteng kembali torehkan sejarah. Pelari andalan Sulteng Nofeldy Petingko yang turun di nomor 5.000 dan 10.000 meter sukses mempersembahkan 2 medali emas. Begitu pun Moh Sandy di nomor 200 meter sabet medali perak, serta Asnidar Aras yang turun di nomor 1.500 meter puteri raih medali perunggu.

Bahkan 3 atlet renang Sulteng akan memperkuat Tim Indonesia di ajang SEA Games XXXII Kamboja Tahun 2023.

“KONI jangan pernah kendor, gas terus, kami di belakang KONI dan kami siap memajukan prestasi Olahraga bersama KONI,” ujar Gubernur Rusdy Mastura

Cudy sapaan akrab Gubernur menegaskan bahwa salah satu upaya memajukan olahraga, selain memiliki agenda dan program yang jelas, harus pula dibarengi dengan semangat yang kuat serta spritual yang tinggi.

“Lakukanlah program olahraga dengan bermartabat tidak harus semuanya hibah karena prestasi olahraga tidak dapat dihibahkan,” cetusnya.

Bapak olahraga Sulteng ini berharap seluruh elemen harus bekerja keras dan saling bahu-membahu untuk membangun prestasi olahraga di daerah ini.

“Sangat penting membangun sinergitas antara pemerintah, KONI, pihak swasta, pengurus cabang olahraga, pelatih, dan atlet. Kekompakan semua elemen yang terlibat akan menjadi modal yang kuat dalam meraih prestasi yang diinginkan,” pungkasnya.

Cudy optimis, di bawah kepemimpinan Ketum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu saat ini, bisa melahirkan atlet-atlet berbakat dan berprestasi.

“Tentu melalui tangan dingin KONI sekarang, Insya Allah akan banyak atlet-atlet yang akan tampil maksimal di berbagai event untuk Provinsi Sulteng,” tandasnya.

Akademisi Universitas Tadulako (Untad) Dr Humaedi Latif, S.Pd., M.Pd. AIFO menilai, Rusdy Mastura adalah pemimpin daerah yang cukup konsen terhadap pengembangan olahraga.

Terbukti di era kepemimpinannya, banyak upaya dan gebrakan yang sudah dilakukan. Baik pada olahraga prestasi, olahraga masyarakat, hingga pembinaan dan pemberian reward bagi atlet berprestasi.

Seperti diperhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, Provinsi Sulteng berhasil meraih 12 medali dan dapat menduduki urutan ke-29 nasional.

“Tentunya harus kita apresiasi upaya-upaya besar yang sudah dilakukan Bapak Gubernur Rusdy Mastura dalam memajukan olahraga Sulteng,” kata Sekretaris Umum BAPOMI Sulteng ini. *WAN