RAYA – Bupati Banggai Laut (), Sopyan Kaepa didampingi Wakil Bupati (Wabup), H. Ablit Ilyas serta Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Muh. Basri Sulaeman Ali, melantik pejabat  administrator di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut, Selasa (7/3/2023) di kantor BKPSDM Balut.

Kegiatan tersebut, dihadiri Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Ketua Pengadilan Agama Balut, Muh Adam dan Wakil Ketua I DPRD Balut, Patwan Kuba, serta Kejaksaan Negeri Balut yang diwakili Kasat Intel, Andi Prawiro Stiono bersama Kepala Kantor Agama, Rustam Ando.

Pejabat ASN yang mengikuti pengambilan sumpah dan janji dari jabatan awal dan jabatan sebelumnya yakni, Muh. Iqbal jabatan lama Sekertaris Dinas Kominfo menjadi Plt Kepala Dinas (Kadis) Kominfo, Asmiati Londol jabatan lama Sekretaris Dinas Perpustakaan jabatan baru Sekretaris Dinas Kominfo dan Antoni Y.T Hantuma jabatan lama Kepala Bagian Pemerintahan Daerah jabatan baru Kepala Bagian Organisasi Pemerintahan Daerah. Aslim Rasit Sapa jabatan lama Analisis Monitoring dan Pengawasan di Inspektorat jabatan baru Kabag Kesra Sekda Balut.

Selanjutnya, Waida M Mataya jabatan lama Sekretaris Dinas PTSP jabatan baru Kabag Pemerintahan. Rusli H Tolani jabatan lama Kabid Perencanaan dan Budaya Kantor Bapeda jabatan Baru Sekretaris Inspektorat. Sementara, Lilis jabatan baru Kabid Perencanaan Ekonomi dan Sosial budaya di kantor Badan Perencanaan Daerah (BAPEDA).

Usai pembacaan pengambilan sumpah dan janji  jabatan, Bupati Balut Sopyan Kaepa dalam sambutannya mengatakan, guna meminimalisir kegiatan administrasi pemerintah daerah Kabupaten yang menjadi pekerjaan rumah tangga kita bersama dalam rangka menjawab permasalahan dan tantangan pemerintah daerah kabupaten guna dapat menyelesaikan laporan administrasi pemerintah daerah kepada pemerintah pusat  menjawab percepatan pembagunan daerah tahun 2023. “Kita perlu melakukan percepatan laporan administrasi yang andal untuk dirampungkan,” ucapnya.

Selain itu kata dia, tujuan diadakannya kegiatan pelantikan ini tidak lain atas hasil dedikasi kalian, hasil uji kompetensi selama dalam masa pengabdian telah mampu menghadapi tantangan daerah ini. “Harapan saya semoga upaya yang kalian laksanakan  nantinya mampu menjalankan tanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan pemerintah daerah khususnya di bidang penyelesaian laporan administrasi yang merupakan hambatan untuk mencapai pembangunan daerah,” harapnya.

Meskipun lanjutnya, diketahui pelantikan ini hanya bersifat dadakan atas usulan Kepala BKPSDM untuk segera dilakukan kegiatan pelantikan ini. Dengan harapan semoga dapat  memegang teguh tugas dan tanggung jawab membantu menyelesaikan permasalah pemerintah daerah khususnya dalam pembuatan laporan administrasi di dalam ruang lingkup pemerintah daerah.

Usai sambutan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembacaan doa serta foto bersama Bupati dan wakil Bupati Sopyan Kaepa dan Ablit Ilyas yang didampingi forum pimpinan daerah bersama ASN yang usai mengikuti pengambilan sumpah dan janji. SUBI